Nur Toifah dan Bachtiar Hanafi (2023) Implementasi model penilaian HOTS (Higher Older Thinking Skills) dalam Maharah Kalam di perguruan tinggi (sertifikat hak cipta). 000530891.
Text
16104.pdf Download (2MB) |
Abstract
Maharah kalam merupakan salah satu dari empat maharat dalam Bahasa Arab yang penting untuk dipelajari supaya mahasiswa mampu berkomunikasi lisan secara baik dan benar sehingga penyampaian pesannya dapat diterima. Semenatara penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam maharah kalam merupakan penilaian yang mencakup tiga ranah kognitif menganalisis, menilai/mengevaluasi, dan mengkreasi/mencipta, yang terkombinasi dengan ranah kecakapan abad 21. Penelitian ini mengkaji implementasi penilaian HOTS dalam maharah kalam di Program Studi Pendidikan Dokter UIN Malang. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya menggunakan teknik triangulasi, yaitu observasi, dokumentasi, dan literasi. Data yang sudah terkumpul ditelaah atau dianalisis, diklasifikasi, direduksi, kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada maharah kalam diimplementasikan dengan menyelaraskan bentuk penilaian dan dimensi proses berpikir HOTS yaitu menganalisis (C4) sebesar 10%, mengevaluasi (C5) sebesar 15%, dan mengkreasi (C6) sebesar 75%. Dengan adanya penilaian tersebut, mahasiwa diharapkan mampu untuk melaksanakan keterampilan abad 21 yang mencakup keterampilan berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan masalah, keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan literasi informasi, media, serta teknologi yang dapat menjadikan mereka mampu besikap kreatif, kolaboratif, dan inovatif. Sedangkan komponen penilaiannya terdiri dari pemahan 25%, tata bahasa 20%, kosakata 20%, kefasihan 15%, dan kelancaran 20%.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Maharah Kalam; HOTS; model penilaian |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education |
Depositing User: | Nur Toifah |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 12:58 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |