Model pengembangan kurikulum kelas internasional: Best practice pengalaman Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Indonesia dan Universiti Malaya Malaysia

Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Octaberlina, Like Raskova ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0516-6427, Nor, Mohd Roslan Bin Mohd, Nikmah, Faridatun ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1893-7080, Hanifah, Nur Hidayah ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6938-3466, Ningrum, Dian Eka Aprilia Fitria ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8240-9306, Mubarok, Harir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6949-4286 and Rabbani, Imdad (2023) Model pengembangan kurikulum kelas internasional: Best practice pengalaman Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Indonesia dan Universiti Malaya Malaysia. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16252.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Internasionalisasi universitas merupakan keniscayaan bagi perguruan tinggi untuk dapat berperan lebih dalam mengembangkan kualitas sumberdaya manusia di era global, dan penyelenggaraan program kelas internasional merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Program internasionalisasi universitas diwujudkan dengan menginternasionalisasi kurikulum agar dapat dikaji oleh para mahasiswa yang berasal dari berbagai negara di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi konsep desain kurikulum, implementasi dan tinjauan kurikulum kelas internasional dilaksanakan, beserta respon atau pengalaman belajar mahasiswa. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus diterapkan dengan mengambil kasus praktik terbaik dari satu perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia yang masuk dalam QS World University Rankings pada tahun 2022. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dengan menjelajahi website Universitas/Fakultas/Program Studi dan unit terkait, dan wawancara dengan informan yang terlibat dalam kegiatan seperti: mahasiswa, dosen dan tenaga pendukung akademik. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pola model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi data condensation, data display, dan conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain kurikulum kelas internasional dikembangkan dari kurikulum nasional dengan menambahkan pengenalan budaya dan Bahasa perguruan tinggi tujuan studi, serta dikembangkan kegiatan yang memberikan pengalaman internasional mahasiswa melalui kegiatan inbound dan outbound, (2) implementasi kurikulum kelas internasional adalah dengan membetuk kelas khusus untuk kasus di Indonesia, dan memasukkan mahasiswa asing ke dalam kelas reguler untuk kasus perguruan tinggi di Malaysia, ini berkaitan dengan penggunaan Bahasa Inggris sebagai pengantar kuliah dan kegiatan akademik lainnya, (3) tinjauan kurikulum dilakukan oleh program studi secara periodik dengan melibatkan stakeholder dengan tetap berkoordinasi dengan pihak fakultas dan universitas, dan (4) para mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dengan berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen dengan pengalaman internasional, dan mendapatkan pengalaman internasional melalui program student mobility di luar negeri.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: internasionalisasi universitas; kelas internasional; kurikulum kelas internasional; student mobility
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 09 Nov 2023 16:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item