Fikri, Shofil ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2679-6660 and Hamzah, Hadi Nurdi (2023) Pendampingan insersi moderasi beragama dalam modul pembelajaran bahasa Arab di TPQ se-desa Parangargo Wagir Kab. Malang. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
Text
16417.pdf Restricted to Repository staff only Download (69MB) | Request a copy |
Abstract
Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim Pengabdi Qaryah Tayyibah 2023 ini dilaksanakan dalam bentuk Pendampingan Insersi Moderasi Beragama Dalam Modul Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ se-Desa Parangargo - Wagir - Kab. Malang. Kegiatan ini difokuskan di TPQ Nurul Huda namun juga diikuti oleh guru-guru dari TPQ lainnya. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 30 guru TPQ yang ada di Desa Parangargo. Penyusunan modul pembelajaran bahasa Arab sangat perlu dikembangkan oleh TPQ yang ada di Desa Parangargo karena: 1) Hasil wawancara dengan beberapa guru TPQ di Parangargo dalam mengajarkan bahasa Arab tidak memiliki modul khusus sehingga berjalan apa adanya; 2) Untuk mensukseskan program kementerian agama terkait Moderasi Beragama, perlu dimasukkan muatan moderasi beragama dalam modul pembelajaran bahasa Arab yang ada di TPQ; 3) Beberapa guru TPQ belum mengenal tentang digitalisasi pembelajaran yang nantinya sangat mendukung suksesnya Merdeka Belajar bagi santri TPQ yang bisa diakses baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan menggunakan metode interview, ceramah/pemberian informasi, role play, dan Focused Group Dsicussion (FGD) para guru peserta pelatihan sangat antusias, komunikatif dan semakin tertantang untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang ada di TPQ masing-masing. Pelatihan dan pendampingan yang berlangsung selama 2 hari dan 1 hari simulasi pembelajaran bahasa Arab sangat efisien untuk meningkatkan kemampuan para guru TPQ untuk mengajarkan bahasa Arab dengan Modul yang telah disusun oleh tim pengabdi Qaryah Thayyibah UIN Malnag 2023. Hasil dari penelitian dan pendampingan ini diantaranya adalah : 1) Guru TPQ semakin termotivasi untuk mengajarkan bahasa Arab dengan modul yang telah dibuat oleh tim pengabdi, 2) Guru TPQ semakin tertantang untuk menyelipkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Arab di sela-sela mengajarkan al-Qur’an di TPQ, 3) Guru TPQ mampu mengajarkan bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran seperti HP dan Laptop secara terbimbing sehingga siswa mampu belajar lebih lanjut saat di luar kelas.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | insersi moderasi beragama; modul; pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Research and Community Service (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) |
Depositing User: | Shofil Fikri |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 14:55 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |