Pendidikan pranikah melalui youth participatory action research di desa binaan Kelurahan Tunjungsekar

Istiadah dan Laily Fitriani (2023) Pendidikan pranikah melalui youth participatory action research di desa binaan Kelurahan Tunjungsekar. 000530692.

[img]
Preview
Text
16431.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Angka perceraian di Malang Raya semakin meningkat setiap tahunnya. Upaya pemerintah melalui persiapan bimbingan calon pengantin telah dilaksanakan namun tidak wajib dan tidak memaksa bagi calon pengantin, sehingga banyak calon pengantin yang juga tidak mendapatkan bekal cukup terkait persiapan dan gambaran kehidupan pernikahan. Pengabdian ini bertujuan mengajak pemuda generasi Z sebagai upaya pemberdayaan partisipasi pemuda dalam mencari solusi bersama atas permasalahan- permasalahan sosial yang ada disekitar pemuda seperti pernikahan dini, maraknya perceraian di usia pernikahan yang masih muda, dan rendahnya tingkat kepuasan berkeluarga usia muda. Pengabdian ini menggunakan Youth Participatory Action Research (Y-PAR) dengan alasan karena selama ini peran remaja dalam menyelesaikan masalah perkawinan belum dimanfaatkan secara optimal. Hasil pengabdian ini yaitu pemuda tidak merasa terlibat dalam membangun lingkungan yang mendukung untuk persiapan baik pengetahuan maupun ketrampilan tentang persiapan pernikahan, pelaksanaan pengabdian yang melibatkan pemuda melahirkan program kegiatan dengan metode pemanfaatan media sosial dan video podcast sebagai media penyampaian materi yang relevan untuk membekali kesiapan fisik, psikologis, pengetahuan dan ketrampilannya sebelum menikah. Pengabdian ini menunjukkan pentingnya keterlibatan dan partisipasi generasi muda untuk berkiprah lebih intensif dalam menyampaikan pesan informasi kepada sesama pemuda tentang pendidikan pra-nikah.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: remaja; pendidikan; pra-nikah; perceraian; media sosial
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: M.A. Istiadah Istiadah
Date Deposited: 15 Nov 2023 15:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item