Modul pembelajaran bahasa Arab bagi santri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) (sertifikat hak cipta)

Shofil Fikri dan Hadi Nurdi Hamzah (2023) Modul pembelajaran bahasa Arab bagi santri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) (sertifikat hak cipta). 000514868.

[img]
Preview
Text
16504.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Modul Pembelajaran bahasa Arab bagi santri TPQ dan Madin ini disusun untuk menjawab solusi atas berbagai permasalahan yang ada di beberapa lembaga pendidikan, dan untuk membantu para ustadz/ustadzah yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan bahasa Arab, namun tetap bisa mengajarkan bahasa Arab dengan panduan yang ada dalam buku ini.
Dalam modul ini penulis membagi menjadi 8 bab, masing-masing bab dilengkapi dengan panduan yang berisi tentang kompetensi, indikator, capaian pembelajaran, langkah dan strategi yang digunakan. Pada setiap bab juga dilengkapi dengan muatan moderasi beragama dalam bentuk kata bijak/mutiara/hikmah yang diambil dari al-Qur’an, hadis, dan qaul ulama. Pada 8 bab yang ada dalam buku ini masih sangatlah dasar karena pada buku ini diperuntukkan khusus bagi santri pemula yang belum pernah sama sekali belajar bahasa Arab.
Harapan penulis dengan adanya modul ini bisa menjadi motivasi bagi ustadz/ustadzah dan lembaga pendidikan untuk mengajarkan bahasa Arab sejak dini terutama bagi santri TPQ dan Madin, dengan menanamkan muatan tentang moderasi beragama, sehingga diharapkan untuk ke depannya, selain santri bisa memahami dan mempraktikkan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, santri juga mampu memahami cara bersosial baik antar umat beragama ataupun beda agama, dengan menjunjung tinggi nilai toleransi dan anti kekerasan.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pembelajaran bahasa Arab; santri TPQ; madrasah diniyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Shofil Fikri
Date Deposited: 16 Nov 2023 13:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item