Manajemen halaqoh bahasa untuk meningkatkan maharaoh kalam di pesantren (Halaqoh language management to improve maharaoh kalam in Islamic boarding schools)

Farah, Julisa and Mufidah, Nuril (2022) Manajemen halaqoh bahasa untuk meningkatkan maharaoh kalam di pesantren (Halaqoh language management to improve maharaoh kalam in Islamic boarding schools). Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 3 (1). pp. 99-100. ISSN 2723-3669

[img] Text
16594.pdf - Published Version

Download (742kB)

Abstract

Halaqoh merupakan salah satu program Pembelajaran Bahasa yang dipakai oleh pondok pesantren Daarul Lughoh Wadda’wah untuk menjadikan sebuah pembelajaran yang efesien dan efektif.dalam artikel ini Peneliti mendeskripsikan bagaimana dampak manajemen halaqoh itu sendiri terhadap peningkatan maharoh kalam, yang didalamnya memuat tentang kelasifikasi siswa, perencanaan, organisasi dan implementasi.kitab yg dipakai dihalaqoh ini adalah kitab muhawaroh dan husnul isgho’. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 250 siswa dengan 2 guru angkatan 2020/2021 dihalaqoh pondok pesantren Daarul Lughoh Wadda’wah bangil. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dukumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif Miles dan Huberman. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan halaqoh bahasa arab di Pondok Pesantren Daarul Lughoh terdiri dari 2 jenjang, yg akan dikategorikan untuk jenjang pertama dinamakan kelas i’dadi/pemula yang meliputi siswa SMP dari kelas 1 s/d kelas 3, Sedangkan untuk jenjang ke 2 dinamakan Al-Mutawassith yg meliliputi santri SMA/MA. 2) perencanaan dari halaqoh yg sudah ditetapkan oleh pondok yang diambil dari hasil rapat bulanan dan semester. 3) Pelaksanaan halaqoh diterapakan langsung dg cara talaqqi kitab husnul isgho’ dimana dalam kegiatan tersebut langung di organisir oleh bagian qismu al-lughoh serta disela-sela tersebut diberikan motivasi dalam pembelajaran yg dikemas dengan bentuk nasihat 4) Evaluasi dilakukan secara berkala, semester dan tahunan dengan pemberian soal secara lisan atau syafahi. Adapun manajemen halaqoh tersendiri berdampak baik terhadap institusi pendidikan dan dirasakan oleh santri sebagai anggota halaqoh dan guru sebagai musyrif, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya peserta didik baru dan kepercayaan masyarakat tentang kwalitas Pondok).

Item Type: Journal Article
Keywords: manajemen; halaqoh; maharoh kalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dr Nuril Mufidah
Date Deposited: 17 Nov 2023 05:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item