Transformasi koperasi siswa melalui pendampingan digitalisasi pada pengelola koperasi di madrasah ibtidaiyah Se-Kota Batu (sertifikat hak cipta)

Waluyo Satrio Adji dan Yulia Eka Putrie (2023) Transformasi koperasi siswa melalui pendampingan digitalisasi pada pengelola koperasi di madrasah ibtidaiyah Se-Kota Batu (sertifikat hak cipta). 000516735.

[img] Text
16618.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen konvensional menimbulkan sejumlah tantangan teknologi yang berdampak signifikan terhadap administrasi koperasi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan dukungan digitalisasi kepada para pengelola koperasi di Madrasah ibtidaiyah se-Kota Batu sehingga mereka dapat merencanakan, mengambil tindakan, mengamati, dan merefleksikan perubahan koperasi siswa. Pendekatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi (PAR) inilah yang digunakan dalam pemberian pelayanan. Metode ini disajikan dalam bentuk siklus. (1) Kegiatan yang berlangsung pada tahap perencanaan, termasuk penyiapan materi kegiatan pelatihan, menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan pengabdian. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua KKMI Kota Batu, peneliti, dan narasumber yang dilaksanakan dalam bentuk focus group Discussion (FGD). Hasil FGD sesuai kesepakatan. (2) Tahap tindakan dilakukan dengan bantuan sumber daya yang disediakan oleh tim peneliti. Pada tanggal 11 dan 12 Juli 2023, pelatihan dilaksanakan dalam format non digital. (3) Untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan pelatihan digitalisasi koperasi sekolah, dilakukan observasi. Temuan observasi yang dilakukan selama pelatihan menyoroti kelebihan dan kekurangan peneliti, koordinator, dan guru, baik dari segi sikap maupun tantangan yang dihadapi selama pelatihan, seperti sarana dan prasarana. (4) Dimungkinkan untuk merefleksikan dan menilai berbagai latihan yang dilakukan. Pada tanggal 18 Agustus 2023 telah dilaksanakan kegiatan evaluasi lapangan di Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu. Selama pelaksanaan pelatihan, peserta akan mendapatkan pengakuan serta kesempatan melakukan refleksi diri dan evaluasi berupa pemberian masukan terhadap aspek-aspek yang mendukung dan menghambat.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: transformasi; koperasi sekolah; digitalisasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Waluyo Satrio Adji
Date Deposited: 17 Nov 2023 10:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item