Rosyidi, Abdul Wahab and Sari, Risna Rianti (2023) Dinamika pemikiran pembelajaran bahasa Arab (Peta Kajian Disertasi Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab) Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
Text
16725.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kajian ilmiah tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, teknik, bahan ajar, media, evaluasi, lingkungan bahasa, dan kebijakan lainnya dalam pembelajaran bahasa Arab telah dilakukan oleh para mahasiswa program Doktoral pendidikan bahasa Arab dalam bentuk karya ilmiah disertasi. Hasil kajian tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sebagai informasi utamanya para pemerhati pembelajaran, pengambil kebijakan, dan guru pengajar bahasa Arab. Sesungguhnya penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang diklasifikasikan dengan benar sesuai dengan kebutuhan pembelajar akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi hasil karya disertasi mahasiswa program studi doktor pendidikan bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mendeskripsikan metode penelitian yang digunakan dalam penulisan disertasi dan temuan akhir disertasi. Dengan metode penelitian deskriptif analisis dengan data utama disertasi tahun 2012 – 2022, dan menggunakan teknik analisa model Mills and Huberman. Hasil akhir dari penelitian ini adalah; Fokus kajian disesrtasi mahasiswa program studi doktor pendidikan bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kajiannya menyebar pada; Ulumul Lughoh dan Maharotul Lughoh, akan tetapi masih mengelembung fokus kajiannya pada pengembangan bahan atau materi ajar, Disertasi diselesaikan dengan menggunakan model penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yang banyak digunakan adalah R&D dengan model pengembangan milik Borg and Gall yang diadaptasikan. Formulasi akhir dari temuan kajian disertasi dapat dilihat pada; karakteristik bahan atau materi ajar yang dimunculkan pada masing-masing pendekatan, teori, dan frame yang digunakan yang didapat dari hasil analisa kebutuhan pada lingkup penelitian. Sedangkan tingkat kelayakan produk materi ajar masuk pada lavel layak, dan juga efektif meningkatkan masing-masing keterampilan bahasa dan ilmunya dari uji coba yang dilakukan. Tidak ada satupun validasi pakar yang menunjukkan hasil yang rendah, dan uji keefektifan yang gagal.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | dinamika; pemikiran pembelajaran Bahasa Arab; disertasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Abdul Wahab Rosyidi |
Date Deposited: | 18 Nov 2023 07:42 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |