LAPORAN GUGUS PENGEMBANGAN INOVASI PENGEMBANGAN APLIKASI TRACER STUDY

Murdiansyah, Isnan ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1825-0097, Fatah Yasin, Ahmad, Hambali, Muh., Supriyono, Supriyono and Muttaqin, Muhammad Imamul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1559-5604 LAPORAN GUGUS PENGEMBANGAN INOVASI PENGEMBANGAN APLIKASI TRACER STUDY. Research Report. No publish. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Inovasi Tracer study (20 November 2023).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ketertelusuran merupakan persyaratan penting untuk penelusuran latar belakang lulusan dan merupakan bagian integral dari evaluasi kinerja triad perguruan tinggi. Kegiatan ini melibatkan penelusuran alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan tujuan untuk mengetahui dan merinci standar kualitas layanan yang diberikan kepada pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal. Sekolah sangat mengutamakan kualitas dan kuantitas lulusannya, dengan tujuan agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan alumni. Dalam hal ini pihak administrasi universitas bekerjasama dengan pengguna lama. Direktorat Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan pengguna pendidikan untuk mengikuti jejak lulusan yang telah berintegrasi dengan bidang pekerjaan saat ini.
Tracer study, sebagaimana yang dijelaskan oleh Schomburg (2003) dan Dianing Kartika et al. (2021), mengindikasikan bahwa relevansi lulusan universitas menjadi lebih bermakna ketika evaluasi berlangsung secara berkesinambungan dan terus menerus. Hasil dari tracer study ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam meningkatkan mutu pengembangan institusi dan kualitas layanan, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Tracer study memiliki dampak positif dimana para alumni yang berada di berbagai posisi di dunia kerja profesional dapat mengukur sejauh mana relevansi pendidikan yang mereka terima.
Upaya pelacakan mutu lulusan sangatlah penting untuk memenuhi harapan masyarakat. Setiap lulusan perguruan tinggi memiliki peran dan segmen pasar yang mampu memenuhi ekspektasi pengguna alumni, baik yang bersifat internal maupun eksternal, sebagaimana diungkapkan oleh Sintiani & Fitriani (2017) dan Gines (2014). Aspek pendidikan internal mencakup para pendidik dan tenaga kependidikan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sementara aspek pendidikan eksternal mencakup orang tua siswa, organisasi pengguna pendidikan, dan organisasi industri. Dalam hal ini, kebutuhan bimbingan pendidikan dapat disesuaikan dengan standar pendidikan tinggi dan harapan masyarakat, sesuai dengan pandangan Shongwe & Ocholla (2011). Kualitas layanan dari perguruan tinggi pun sejalan dengan pandangan tersebut. Selaras dengan pandangan di atas, hasil penelitian Schomburg (2009) menunjukkan bahwa hampir semua universitas di Eropa memiliki komitmen yang kuat terhadap standar pelayanan akademik yang transparan dan berkelanjutan. Schomburg (2009) juga mengidentifikasi beberapa negara di Eropa yang telah melaksanakan tracer study secara sistematis dan terstandarisasi, mencerminkan kepentingan akan pemantauan jejak alumni dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.
Aplikasi Tracer Study ini sangat membantu pihak kampus dalam melakukan tracer study terhadap alumni pada saat dibutuhkan sehingga database alumni lebih baik, terintegrasi dan tersistem.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Tracer study, Aplikasi, Alumni
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080301 Bioinformatics Software
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Isnan Murdiansyah
Date Deposited: 19 Nov 2023 22:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item