Pengembangan modul membaca dan menulis kritis untuk penguatan kemahiran menulis teks akademik di perguruan tinggi

Ridho, Ali ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6818-0998 and Shofiah, Nurul (2023) Pengembangan modul membaca dan menulis kritis untuk penguatan kemahiran menulis teks akademik di perguruan tinggi. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
16811.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis teks akademik, perlu mempertimbangkan posisi berpikir kritis. Berpikir kritis adalah cara melihat sesuatu secara proporsional dan objektif. mahasiswa dapat dikatakan memiliki pemikiran kritis yang baik, sehingga akan mampu membaca dan menciptakan tulisan yang baik. Dalam membaca kritis, mahasiswa kesulitan dalam menelusuri dan memilih sumber referensi yang berkualitas dan memiliki kebaharuan, dikarenakan kurangnya kompetensi dalam teknik penelusuran sumber referensi untuk mendukung tulisannya, sumber referensi yang digunakan lebih banyak menggunakan Buku dari pada hasil penelitian terdahulu, serta hasil penelitian terdahulu yang digunakan pun terbatas pada referensi publikasi nasional, selanjutnya dalam menulis teks akademik, mahasiswa cenderung mengalami kesulitan mengintegrasikan berbagai sumber referensi menjadi satu kesatuan yang utuh untuk mendukung argumentasi, ide-ide dalam tulisan terutama di latar belakang, cenderung tidak teratur dan inkoheren, mengalami kesulitan menemukan penelitian terdahulu yang mendukung masalah, dan memilih teori sebagai kerangka berpikir. persiapan instrumen penelitian. Sehingga diperlukan pendekatan yang lebih kritis/analitis" dalam modul untuk membantu mahasiswa meningkatkan tulisannya. Mahasiswa perlu diberi intruksi lebih langsung tentang apa yang perlu mereka lakukan untuk meningkatkan penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi mereka. Dalam pedoman penulisan teks akademik, intruksi membaca dan menulis kritis teks akademik belum disusun. Sehingga modul yang akan dikembangkan ini akan dapat memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk dapat menguasai kemampuan membaca dan menulis kritik. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkanspesifikasi modul dan kelayakan hasil modul membaca dan menulis kritis teks akademik.
Jenis penelitian ini yakni adalah pengembangan modul membaca dan menulis kritis. Modul membaca mengunakan pendekatan desain model Intruksional Dick et.al. Peneliti menggunakan sepuluh Langkah Model Intruksional Dick et al., (2015). Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat dari hasil validasi para ahli (materi dan desain, uji coba,) berupa saran dan komentar. Data kuantitatif didapat melalui (a) angket tanggapan dari para ahli, dosen, dan mahasiswa; dan (b) hasil belajar posttest mahasiswa setelah menggunakan modul membaca dan menulis kritis. Instrument dalam penelitian ini yakni kuisioner, panduan wawancara dan tes. Pertama, kuisioner diberikan untuk validasi materi, desain, dan uji coba,. Teknik Analisis Data menggunakan Deskriptif Kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengolah data hasil validasi para ahli (materi, desain,) dan uji coba lapangan (dosen dan mahasiswa). Kedua, Data yang dianalisis pada pengembangan media ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan praktisi. Modul membaca dan Menulis kritis untuk meningkatkan kemahiran menulis teks akademik ini sudah dapat dimanfaatkan dalam proses penyampaian materi apabila sudah mencapai tingkat kevalidan diatas ≤75%.
Hasil penelitian Menujukkan Pertama, modul yang dikembangkan memiliki keunggulan dalam mengatasi kebutuhan mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Modul ini dirancang dengan cermat, memfokuskan pada pengembangan kemahiran menulis teks akademik melalui dua aspek utama: Membaca Kritis dan Menulis Kritis. Pendekatan modul yang berpusat pada siswa menjadi keunggulan, dihasilkan dari analisis kebutuhan mahasiswa melalui pembelajaran dan FGD. Pemilihan isi modul dilakukan dengan ketat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, menjamin keterlibatan pribadi yang optimal dan motivasi mahasiswa. Struktur modul yang terdiri dari empat bab menunjukkan tahapan pengembangan keterampilan membaca dan menulis yang sistematis. Setiap bab memberikan konsep dan langkah-langkah kritis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bab 1 memberikan landasan konseptual, Bab 2 membahas aspek kunci berpikir kritis, Bab 3 fokus pada pengembangan keterampilan membaca kritis, dan Bab 4 menerapkan pemahaman membaca dan menulis kritis ke dalam praktik. Kedua, Hasil uji kelayakan modul melibatkan tiga tahap, yaitu uji validasi dengan ahli media, ahli materi, dan praktisi dosen. Modul ini terbukti sangat layak dengan tingkat kelayakan rata-rata 81% oleh ahli materi dan 94,3% oleh praktisi dosen. Uji aspek media juga menghasilkan tingkat kelayakan yang tinggi, mencapai 80,5% oleh ahli media dan 89,7% oleh praktisi dosen. Uji coba penggunaan modul oleh mahasiswa menghasilkan penilaian sangat layak dengan total 1061,5 dan rerata 88,45. Proses revisi dilakukan setelah analisis uji coba, dengan penekanan pada aspek materi dan tampilan. Revisi bertujuan untuk menambahkan materi yang lebih mendalam, meningkatkan pertanyaan kritis, dan perbaikan desain agar lebih menarik. Sehingga, modul ini telah melewati serangkaian uji dan revisi yang mendalam untuk memastikan kualitasnya dalam membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kritis di lingkungan perguruan tinggi

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: menulis kritis; membaca kritis; teks akademik
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item