Tantangan pendidik nahwu untuk meningkatkan kompetensi profesional sebagai upaya menumbuhkan motivasi pembelajar pemula terhadap struktur bahasa Arab

Sulaikho, Siti, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X and Amrullah, Abdul Malik Karim (2023) Tantangan pendidik nahwu untuk meningkatkan kompetensi profesional sebagai upaya menumbuhkan motivasi pembelajar pemula terhadap struktur bahasa Arab. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Arab, 6 (2). pp. 29-34. ISSN 2615-5656

[img]
Preview
Text
16849.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap tantangan pendidik nahwu melalui eksplorasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa pembelajar pemula terhadap nahwu serta eksplorasi harapan mereka terhadap pendidik nahwu. jenis penelitian adalah mixed method dengan menggabungkan kualitatif dan kuantitatif secara berurutan dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan 3 tahap Miles & Huberman sementara analisis data kuantitatif menggunakan persentase. Hasil eksplorasi kesulitan menunjukkan: 1] belum mengetahui dasardasar dalam nahwu (10%), 2] membedakan nama yang terdapat pada nahwu (5%), 3] memahami nahwu karena terlalu banyak materi dalam sekali penjelasan (5%), 4] memahami nahwu karena penjelasan tidak berurutan (5%), 5] mengingat kosakata bahasa Arab (7%), 6] mengingat kaidah dalam nahwu (39%), 7] menerapkan nahwu ke dalam contoh (29%). Hasil eksplorasi harapan menunjukkan: 1] dijelaskan secara berulang (14%), 2] setelah menjelaskan kaidah dan memberikan contoh (20%), 3] kemudian mengaplikasikannya ke dalam teks Arab atau kitab (22%), 4] penjelasan disampaikan dengan lebih pelan dan dalam suasana yang santai (10%), 5] menggunakan bantuan media audio-visual (20%), 6] menggunakan metode yang lebih interaktif dalam menjelaskan nahwu (12%), 7] menambahkan naẓam/syi’ir nahwu kemudian dinyanyikan bersama-sama, referensi nahwu yang mudah dimengerti (2%). Penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan bagi pendidik nahwu untuk memilih pendekatan, metode, maupun strategi dalam mengajar nahwu bagi mahasiswa dengan karakteristik yang sama maupun mahasiswa dengan karakteristik berbeda. Penelitian ini juga menjadi dasar bagi pendidik nahwu untuk meningkatkan kompetensi profesional.

Item Type: Journal Article
Keywords: pendidik nahwu; nahwu; kompetensi profesional; motivasi pembelajar pemula, struktur bahasa Arab, motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 20 Nov 2023 20:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item