Evaluasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar

Munir, Muhammad Syahrul, Amrullah, Abdul Malik Karim, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Sulaikho, Siti and Anwar, Mohammad Shohibul (2023) Evaluasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar. Borneo Journal of Language and Education, 3 (1). pp. 67-86. ISSN 2775-4790

[img] Text
16851.pdf - Published Version

Download (632kB)

Abstract

Kurikulum pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting dalam membentuk potensi peserta didik dalam menguasai keahlian kalam, dan kitabah bahasa Arab. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kurikulum tersebut perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas dan relevansi kurikulum tersebut terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat. Teknik penelitian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pandangan dan pengalaman dari para pengajar dan siswa terkait dengan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar. Observasi kelas digunakan untuk melihat langsung bagaimana kurikulum tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi tertulis seperti silabus, buku-buku teks, dan materi pembelajaran. Proses Analisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Data dianalisis dengan cara mengidentifikasi tema dan pola dari data yang telah dikumpulkan. Data yang telah diidentifikasi kemudian dikategorikan dan diklasifikasikan berdasarkan tema-tema utama yang muncul. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan induktif, yaitu mengumpulkan data dan mengembangkan konsep dan teori dari data yang telah dikumpulkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar perlu dikembangkan agar lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa dan masyarakat. Beberapa masalah yang ditemukan meliputi kurangnya fokus pada pengajaran keterampilan berbahasa Arab secara efektif dan kurangnya evaluasi yang tepat guna. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan kurikulum secara terus-menerus agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar.

Item Type: Journal Article
Keywords: evaluasi; kurikulum; pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 20 Nov 2023 18:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item