Model pengembangan wellbeing mahasiswa untuk mewujudkan world class university pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia (sertifikat hak cipta)

Esa Nur Wahyuni, Alfiana Yuli Efiyanti, dkk (2023) Model pengembangan wellbeing mahasiswa untuk mewujudkan world class university pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia (sertifikat hak cipta). 000439909.

[img] Text
17005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan semangat untuk meraih peringkat world class university (WCU), institusi perguruan tinggi sering masih mengabaikan kewajiban untuk meningkatkan wellbeing (kesejahteraan) mahasiswa (Lambert et al., 2018). Setidaknya ada tiga alasan mengapa perhatian perguruan tinggi terhadap wellbeing mahasiswa masih kurang, khususnya jika dihubungkan dengan proses perguruan tinggi mencapai peringkat internasional. Pertama, upaya mencapai WCU cenderung lebih menekankan pada terpenuhinya faktor fisik dan akademik, seperti tersedianya fasilitas pendidikan, tercapainya target publikasi karya ilmiah dan hasil riset, penguasaan bahasa asing, dan kerjasama internasional, sedangkan peningkatan wellbeing mahasiswa (terutama sosial emosional) dianggap sebagai kegiatan diluar akademik (White, 2016). Kedua, kurangnya kesadaran pengelola perguruan tinggi bahwa ketika perguruan tinggi berupaya mencapai WCU, pada saat yang sama mahasiswa menghadapi tuntutan besar yang beresiko pada gangguan wellbeing karena ketidak siapan mahasiswa baik secara mental maupun social ekonomi dengan kebijakan WCU. Ketiga, adanya anggapan bahwa mahasiswa adalah individu yang sudah dewasa, sehingga memiliki kemampuan untuk mengatasi dan memecahkan problem yang dihadapinya. Padahal anggapan tersebut tidak selalu benar (Fajlurahman & Wardaningsih, 2021). Ketiga alasan yang telah dikemukakan tersebut dapat menjadi penyebab wellbeing mahasiswa kurang mendapatkan perhatian yang maksimal dari perguruan tinggi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: subyektif wellbeing; world class university; perguruan tinggi Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: DR ESA NUR WAHYUNI
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item