Pengembangan game-based learning with assessment dalam pembelajaran literasi keuangan di lembaga pendidikan anak usia dini

Fitriah, Nurlaeli ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8734-1577 and Pusposari, Luthfiya Fathi (2022) Pengembangan game-based learning with assessment dalam pembelajaran literasi keuangan di lembaga pendidikan anak usia dini. Research Report. LPPM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
17039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memahami keuangan memang bukan jaminan bahwa seorang anak akan menjadi orang yang sukses dan kaya di masa depan. Namun bukan berarti anak-anak tidak perlu diajari cara mengelola uang dengan baik. Untuk tumbuh sebagai pengguna uang yang bijak dan teliti, anak perlu dididik tentang literasi keuangan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji kelayakan dan keefektifan game-based learning with assessment dalam pembelajaran literasi keuangan pada anak usia dini di lembaga RA/TK. Studi yang dilakukan menggunakan pendekatan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek ujicoba ditetapkan pada kelompok B (usia 5-6 tahun) 3 RA di kota Malang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis Wilcoxon W untuk mengolah data yang dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) berdasarkan analisis kebutuhan Game-Based Learning With Assesment dalam pembelajaran literasi Keuangan pada anak usia dini, dilakukan melalui analisis materi dan analisis media (hasilnya adalah materi literasi keuangan mengacu pada materi literasi keuangan sesuai Buku panduan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan); 2) Game-based learning with assessment dinyatakan sangat layak dengan revisi kecil dan rata-rata skor dari validasi ahli materi sebesar 84,8 dan ahli media sebesar 85,4; 3) Game-based learning with assessment dinyatakan efektif dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini karena memberi pengaruh yang positif dan signifikan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: game-based learning; financial literacy; early childhood; assessment
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Nurlaeli Fitriah
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item