Pengaruh ekstrak fermentasi kombinasi sayur dan rempah dalam menurunkan ekspresI TNF-α, IL6, dan memodulasi gambaran histopatologi hepar pada kelinci yang dipapar diet tinggi lemak (sertifikat hak cipta)

Ermin Rachmawati, Muhammad Rizal Novianto, dan Dhani Wijaya (2023) Pengaruh ekstrak fermentasi kombinasi sayur dan rempah dalam menurunkan ekspresI TNF-α, IL6, dan memodulasi gambaran histopatologi hepar pada kelinci yang dipapar diet tinggi lemak (sertifikat hak cipta). 000547854.

[img] Text
17042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nonalcoholic fatty liver disease (NAFLD) didefinisikan sebagai penyakit yang ditandai dengan gambaran steatosis makrovesikular serta inflamasi dengan penyebab selain alkohol atau obat-obatan. Spektrum penyakit ini jika tidak diobati dapat berkembang menjadi nonalcoholic steatohepatitis (NASH), fibrosis, bahkan sirosis hepatis. Saat ini, prevalensi global NAFLD meningkat pesat baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
Diet tinggi lemak merupakan salah satu factor risiko dari NAFLD, karenya Upaya untuk mengembangkan pangan fungsional ataupun fitofarmaka untuk pencegahan NAFLD merupakan pendekatan yang harus dilakukan. Berdasar penelitian sebelumnya disebutkan bahwa fermentasi spontan sayur dan rempah dengan formula mengadaptasi sambal lalapan kaya akan antioksidan berdasar hasil LC-MS/MS serta flavonoid fenol dan mampu menurunkan kadar kolesterol total, LDL serta meningkatkan kadar HDL pada tikus yang diinduksi model diet tinggi lemak.
Penelitian ini betujuan mengidentifikasi kadar makronutrien serta micromineral dari fermentasi sambal lalapan serta mengeksplorasi potensi ekstrak fermentasi sambal lalapan dalam menghambat terjadinya NAFLD melalui modulasi jalur inflamasi dengan melihat ekspresi gen sitokin proinflamasinya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan desain post test only with control group. Desain in vivo dilakukan menggunakan kelinci White New Zealand Jantan usia 2-3 bulan dengan berat badan 2000-2500 gram yang dibuat model NAFLD dengan pemberian diet tinggi lemak selama 8 minggu. Penelitian ini menggunakan 4 kelompok: N adalah kelompok yang diberi pakan normal, K- model diet tinggi lemak yaitu lemak 4% dan kolesterol 1 %, Kelompok Perlakuan 1 selain diberi diet tinggi lemak ditambahkan juga ekstrak fermentasi sambal lalapan 100 mg/kgBB serta Perlakuan 2 200 mg/kgBB/hari. Parameter yang diperiksa adalah kadar karbohidrat, protein, lemak, Cu, Zn, Mg; sitokin proinlamasi: ekspresi mRNA gen TNFα dan IL6; NAFLD dilihat dari gambaran histopatologi dengan pewarnaan HE dari droplet lipid dan makrofag sinusoid hepar. Pengukuran kadar ekspresi gen dilakukan menggunakan metode Real time PCR, sementara itu gambaran histopatologi dinilai menggunakan mikroskop Cahaya Nikon X perbesara 400x dan hasil dihitung dari 10 lapang pandang.
Kadar Karbohidrat dari fermentasi sayur rempah adalah sebesar 1,12 ± 0,00%, protein 1,39 ± 0,01, lemak 0,41 ± 0,00% yang semuanya diduga lebih rendah dari kadar makronutrien kombinasi timun dan kubis mentah. Kadar Mg 530,51 ± 3,35, Zn 2,03 ± 0,03, 17,78 ± 0,70 mg/kg yang sesuai dengan kadar kebutuhan micromineral tersebut bagi tubuh untuk konsumsi harian. Ekstrak fermentasi sayur rempah menurunkan kadar ekspresi gen mRNA IL6 secara signifikan antara kelompok K dengan P1, P2. Sementara itu, walau tidak terdapat signifikansi ekspresi gen mRNA TNFα pada keseluruhan kelompok, namun dijumpai tren penurunan ekspresi TNFα dari Kelompok K, P1, dan P2 (p<0.05). Di sisi lain, jumlah steatosis/droplet lipid pada hepar serta jumlah infiltrasi makrofag di sinusoid mengalami penurunan signifikan sesuai dengan peningkatan dosis (p<0.05).
Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak fermentasi sayur rempah dapat menghambat terjadinya NAFLD melalui perannya dalam menurunkan sitokin proinflamasi. Sehingga, Fermentasi sayur rempah maupun ekstraknya dapat dikembangkan sebagai pangan funsgsional atau fitofarmaka dalam mencegah terjadinya NAFLD ke depannya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: NAFLD; fermentasi sayur rempah; sitokin proinflamasi; makronutrien dan mineral
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1102 Cardiorespiratory Medicine and Haematology > 110201 Cardiology (incl. Cardiovascular Diseases)
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111102 Dietetics and Nutrigenomics
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences > 111504 Pharmaceutical Sciences
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education
Depositing User: dr Ermin rachmawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item