Pendampingan digitalisasi arsip keluarga pada siswa siswi madrasah ibtidaiyah terdampak banjir bandang Kota Batu (sertifikat hak cipta)

Waluyo Satrio Adji, M. Imamul Muttaqin, dan Didik Wahyudi (2023) Pendampingan digitalisasi arsip keluarga pada siswa siswi madrasah ibtidaiyah terdampak banjir bandang Kota Batu (sertifikat hak cipta). 000550644.

[img]
Preview
Text
17100.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kota batu sendiri merepakan daerah yang dikelilingi beberapa gunung seperti gunung arjuno dan welirang disisi utara dan pengunungan kawi disebalah selatan. Tentu hal ini menjadikan Kota Batu rawan akan bencara banjir dan longsor. Bencana yang terbaru yang dialami oleh kota batu adalah banjir bandang bulan November 2021 di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Bencana ini tentu memberikan efek baik pada perekonomian maupun bagi psikologis warga. Ketika terjadi bencana sedikit sekali warga sering mengabaikan keberadaan arsip atau surat penting seperti KTP, KK, SHM atas tanah, atau arsip keluarga. Padahal keberadaan arsip sama pentingnya dengan harta benda yang lain. Oleh karena itu, tim UIN Mengabdi ini menganggap penting untuk mengetahui tata kelola arsip dari penyimpanan, penyelamatan, sampai tahap pendigitalisasian. Setrategi pengabdian yang kami lakukan adalah menggunakan metode (Participatory Action Research). Beberapa tahanan pengabdian yang kami lakukan terdiri dari membuat strategi, mengambil Tindakan mengawasi jalanannya kegiatan dan refleksi serta evaluasi. Pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya arsip keluarga dan bagaimana menjaganya dalam bentuk digital. Selain itu kemampuan peserta untuk menyimpan dokumen mereka dalam bentuk digital juga bertambah.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: digitalisasi; arsip keluarga; banjir bandang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Waluyo Satrio Adji
Date Deposited: 27 Nov 2023 12:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item