Pemberdayaan KKG Pendidikan Agama Islam Kota Batu dan KKG madrasah ibtidaiyyah Kabupaten Kediri dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (sertifikat hak cipta)

Mohammad Miftahusyai’an dan Galih Puji Mulyoto (2023) Pemberdayaan KKG Pendidikan Agama Islam Kota Batu dan KKG madrasah ibtidaiyyah Kabupaten Kediri dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (sertifikat hak cipta). 000554056.

[img] Text
17227.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini pertama, menemukan formulasi strategi pemberdayaan KKG MI Kab. Kediri, dan KKG PAI Kota Batu dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Guru PAI dan Guru MI. kedua, menemukan dampak dan kendala pemberdayaan KKG MI Kab. Kediri, dan KKG PAI Kota Batu dalam pengembangan keprofesian berkelanjutanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PAR atau penelitian aksi. Subyek penelitian meliputi pengurus KKG MI Kec. Badas Kab. Kediri dan KKG PAI Kec. Batu Kota Batu serta guru MI dan Guru PAI. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis interaktif (interactive analysis model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merumuskan strategi pemberdayaan KKG MI Kab. Kediri, dan KKG PAI Kota Batu dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Guru PAI dan Guru MI dilaksanakan melalui langkah-langkah PAR dengan menggunakan istilah KUPAR (to Know, to Understand, to Plan, to Action dan to Reflection). Penggunaan langkah PAR dalam pemberdayaan KKG mampu menyusun program-progam dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Guru PAI dan Guru MI. Bentuk Program PKB bagi Guru PAI dan Guru MI yang terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif dilaksanakan melalui beberapa cara. Kesimpulan pemberdayaan melalui KKG dapat mengembangkan keprofesian berkelanjutan bagi Guru PAI dan Guru MI.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pemberdayaan; KKG PKB
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Galih Puji Mulyoto
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item