Pengembangan Big Book untuk meningkatkan kemampuan literasi berbasis profil pelajar Pancasila (sertifikat hak cipta)

Abd. Ghofur, Nuril Nuzulia, dan Abdul Ghaffar (2023) Pengembangan Big Book untuk meningkatkan kemampuan literasi berbasis profil pelajar Pancasila (sertifikat hak cipta). 000554096.

[img] Text
17233.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komponen terbaru dari kurikulum merdeka adalah profil pelajar pancasila. Dalam hal pendidikan karakter dan peningkatan kompetensi siswa, profil pelajar pancasila menjadi acuan pedoman kebijakan pendidikan. Salah satu masalah kemampuan literasi di SD Islam Al-Muawanah Surabaya adalah sebagian besar kemampuan literasi siswa kelas 1 masih di bawah standar. Beberapa anak masih kesulitan membedakan huruf, saat membaca, ada kata yang hilang atau bahkan tidak sempurna, dan pemahaman siswa terhadap materi bacaan juga di bawah standar. Penelitian dan pengembangan menggunakan model yang diadabtasi Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan, peneliti hanya menerapkan tujuh langkah pengembangan. Hasil pengembangan ini menunjukkan 1) spesifikasi modul terdiri dari cover, kata pengangar, daftar isi, materi,soal evaluasi, dan biodata penulis. Hasil penelitian ahli isi sebesar 90,6 % dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran 89,3 % dengan kualifikasi baik, ahli pembelajaran 94,6% dengan kualifikasi baik. 2) Hasil kemenarikan modul, peneliti melakukan post test di kelas kepada 10 siswa dengan pencapaian prosentase 91,8 % dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan big book telah mencapai kriteria menarik dan valid. Analisa data yang digunakan Paired Samples T Test dengan alat bantu SPSS 16 dan hasil Sig 0,000 < 0,02 maka Ho di tolak, artinya bahwasannya ada perbedaan hasil belajar dari siswa yang sudah menggunakan big book. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya penggunaaan big book mampu meningkatkan kemampuan literasi berbasis profil pelajar Pancasila.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Big Book; literasi; profil pelajar Pancasila
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Nuril Nuzulia
Date Deposited: 30 Nov 2023 10:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item