Analisis keterampilan spasial dampak pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dalam pembelajaran kartografi (sertifikat hak cipta)

Ulfi Andrian Sari, Kamalia Fitri Rizki, dan Berlinda Pujianti (2023) Analisis keterampilan spasial dampak pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dalam pembelajaran kartografi (sertifikat hak cipta). 000438887.

[img] Text
17239.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir spasial dalam pembelajaran kartografi. Metode penelitian ini mengguanakan quasi experiment. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttes Design. One Group artinya penelitian ini dilakukan untuk satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Mahasiswa kelas B semseter 5 sebagai subjek penelitian. Analisis data menggunakan Uji t dengan paired sample T-Test. Hasil uji t-test menggunakan paired samples test nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.000 lebih kecil dari nilai sigifikansinya 0.05, maka diambil keputusan H0 ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir spasial.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: keterampilan spasial; STEM; kartografi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 30 Nov 2023 14:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item