Strategi budaya dalam komunitas film Gresik Movie

Ali, Moh. Mahrush (2023) Strategi budaya dalam komunitas film Gresik Movie. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program melestarikan dan merawat budaya lokal yang dilakukan oleh komunitas film Gresik Movie bisa dilihat dari program atau kegiatan yang diselenggaraka, serta karya-karya film yang sudah dibuat. Karya-karya film yang dibuat bervariasi ada yang berbentuk film fiksi pendek, program talkshow (podcast), magazine show, film dokumenter, dan pendokumentasian acara atau event kesenian dan kebudayaan. Untuk program-program yang sudah dilakukan adalah temu karya dengan komunitas film lain, diskusi pengetahuan lintas bidang ilmu, screening film dan apresiasi film, sapa sinema di kampung-kampung, pameran kebudayaan dan seni, serta seminar atau workshop tentang film.
Komunitas Gresik Movie berusaha untuk mengangkat budaya lokal dengan tujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya asli Gresik. Agar masyarakat lebih memahami dan memiliki kesadaran terhadap kelokalan daerahnya. Eksistensi anggota komunitas Gresik Movie untuk membuat karya dan program merupakan cara agar budaya asli daerah tetap lestari dan terawat dengan baik. Dengan demikian kehadiran komunitas Gresik Movie tetap perlu ada sebagai media untuk menyalurkan minat anak muda. Komunitas ini menjadi wadah untuk tetap produkif dalam berkarya, berkesenian, dan bersosialisasi. Dan yang paling penting adalah merawat dan melestarikan budaya lokal Gresik.
Karya-karya dari komunitas Gresik Movie bisa dilihat dan diakses di akun youtube Gresik Movie. Di kanal youtube tersebut bisa dibuktikan bahwa budaya lokal dijadikan sumber ide penciptaan. Karya film yang telah diproduksi tidak dinikmati oleh anggota komunitas saja namun juga dibagikan ke masyarakat luas lewat media sosial. Selain melalu youtube juga digunakan instagram untuk sosialisasi informasi atau kegiatan dari komunitas. Eksistensi budaya lokal yang dilakukan oleh komunitas Gresik Movie merujuk pada keberadaan dan keberlanjutan suatu kelompok di wilayah tertentu. Tantangan yang dihadapi nantinya adalah adanya globalisasi, modernisasi, dan perubahan sosial. Oleh karena itu butuh partisipasi masyarakat dan kolaborasi dengan pemerintah untuk terus berupaya agar budaya lokal tetap hidup dan berkembang.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: strategi budaya; komunitas film; eksistensi Gresik Movie
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Mohammad Mahrush Ali
Date Deposited: 30 Nov 2023 12:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item