Praktik diskursif bahasa dan psikologi antara penyedia konten penggunaan bahasa kekinian dan para komentatornya di akun-akun YouTube

Basori, Muchamad Adam ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4681-3803, Ifawati, Nur Ila, Halida, Hilda ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0859-9321, Abihah, Ummu, Zahrah, Wulan, Faeisya A., Verona and Clarissa, Miranda Putri (2022) Praktik diskursif bahasa dan psikologi antara penyedia konten penggunaan bahasa kekinian dan para komentatornya di akun-akun YouTube. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (In Press)

[img] Text
17258.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis wacana arkeologi berdasarkan Foucault tentang bagaimana teks bermakna melalui proses produksi dan bagaimana teks dapat berkontribusi pada konstitusi makna realitas sosial. Beberapa bentuk analisis wacana hadir dengan fokus, ruang lingkup, dan kepentingan yang berbeda-beda. Beberapa lebih fokus pada teks tunggal, yang lain lebih pada badan teks, pada konteks atau bahkan pada hubungan kekuasaan. Penelitian ini melengkapi kekurangan dari studi yang ada dengan melihat bagaimana praktik diskursif Foucauldian yang digunakan untuk membedah persepsi penggunaan bahasa yang diproduksi dan direproduksi oleh pemirsa/komentator di dalam kolom akun Youtube dan berimplikasi pada kemampuan pemirsa di mana mereka mempersepsikan bahasa kekinian yang digunakan oleh anak remaja atau dewasa awal. Persoalan persepsi penggunaan bahasa kekinian berhubungan langsung dengan realitas sosial yang dapat mempengaruhi persepsi penggunaan bahasa gaul oleh warga internet (netizen). Fokusnya pada analisis praktik diskursif bahasa dan psikologi terhadap penggunaan bahasa gaul yang diungkapkan oleh para komentator di kolom akun bahasa kekinian akun Youtube. Oleh karena itulah, penelitian ini menggunakan pendekatan diskursus baik bahasa dan psikologi. Diskursif bahasa berfokus menggunakan teorinya van Dijk, sedangkan diskursifnya psikologi berasal dari Wiggins. Bahasa kekinian sebagai alat penunjang anak-anak Jakarta Selatan yang beroperasi dalam penyebaran bahasa mereka memberikan berbagai pilihan terutama dalam hal kosakata. Pilihan khusus pada tingkat leksis atau kosakata dibuat oleh penyedia konten dan diungkapkan di media youtube dalam panduan gaya, yang menyediakan rangkaian kategori leksikal yang lebih disukai untuk digunakan dan tidak digunakan. Bahasa mereka memiliki cara yang berbeda tentang bagaimana mengatakan realitas sosial dan itu adalah pilihan khusus mereka dari antara begitu banyak pilihan yang tersedia yang mencirikan suara dan komentator dalam wacana secara berbeda dari perspektif ideologis yang berbeda-beda.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: analisi wacana; leksikalitas bahasa anak Jakarta Selatan; komentar media sosial YouTube
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Muchamad Adam Basori
Date Deposited: 01 Dec 2023 09:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item