Pengembangan buku cerita bergambar sebagai media untuk meningkatkan kreativitas siswa berbasis pendidikan karakter di Sumenep Madura (sertifikat hak cipta)

Ahmad Zuhdi, Rasmuin, dan Yuniar Setyo Marandy (2023) Pengembangan buku cerita bergambar sebagai media untuk meningkatkan kreativitas siswa berbasis pendidikan karakter di Sumenep Madura (sertifikat hak cipta). 000554520.

[img]
Preview
Text
17260.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peserta didik dalam dasarnya merupakan individu yang kreatif. Mereka mempunyai karakteristik- karakteristik yang tercipta digolongkan menjadi karakteristik-karakteristik individu yang kreatif. Misalnya, ada rasa ingin tau dalam hal memahami yang besar, selalu bertanya, mempunyai khayalan yang tinggi, minat yang banyak, rasa tidak takut salah, berani dalam menghadapi resiko, bebas pada saat berpikir, bahagia akan hal- hal yang baru, dan sebagainya.Pelaksanaan pendidikan karakter yang dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyyah Al Hidayah Sumenep Madura ini masih diimplementasikan kedalam kegiatan pembiasaan sehari hari di sekolah saja, namun belum ada adanya upaya pengembangan buku cerita yang menceritakan cerita dalam mencerminkan pendidikan karakter yang ditekankan pada penanaman 18 karakter pada anak. Penelitian dan pengembangan menggunakan model yang diadabtasi Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan, peneliti hanya menerapkan tujuh langkah pengembangan. Hasil pengembangan ini menunjukkan 1) spesifikasi modul terdiri dari cover, kata pengangar, daftar isi, materi,soal evaluasi, dan biodata penulis. Hasil penelitian ahli isi sebesar 90,6 % dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran 89,3 % dengan kualifikasi baik, ahli pembelajaran 94,6% dengan kualifikasi baik. 2) Hasil kemenarikan modul, peneliti melakukan post test di kelas kepada 10 siswa dengan pencapaian prosentase 91,8 % dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar telah mencapai kriteria menarik dan valid. Analisa data yang digunakan Paired Samples T Test dengan alat bantu SPSS 16 dan hasil Sig 0,000 < 0,02 maka Ho di tolak, artinya bahwasannya ada perbedaan hasil belajar dari siswa yang sudah menggunakan buku cerita bergambar. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya penggunaaan buku cerita bergambar mampu meningkatkan kreativitas dan berbasiskan Pendidikan karakter.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: buku cerita bergambar; kreativitas; pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Yuniar Setyo Marandy
Date Deposited: 30 Nov 2023 16:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item