Pembelajaran matematika dengan problem posing

Abdussakir, Abdussakir (2009) Pembelajaran matematika dengan problem posing. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Pembelajaran Matematika, PGMI/Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 3 Februari 2009. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
1727.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Menurut Hudojo (1990:5), dalam proses belajar matematika terjadi juga proses berpikir, sebab seseorang dikatakan berpikir bila orang itu melakukan kegiatan mental. Seseorang yang belajar matematika, mempersiapkan mentalnya dalam proses penerimaan pengetahuan baru yang disertai tindakan-tindakan konkret oleh orang itu melalui penyelesaian masalah matematika. Sebelum tahun 1935, pembelajaran matematika (atau lebih tepatnya aritmetika) dilakukan dengan menggunakan pendekatan psikologi stimulus-respon (As’ari, 1998:2). Perhatian utama pendekatan stimulus-respon adalah kemampuan siswa menghafal dan menggunakan rumus atau algoritma secara efektif. Guru sudah cukup puas bila siswa sudah mampu mengoperasikan bilangan dan trampil menggunakannya untuk menyelesaikan masalah. Guru tidak memikirkan bahwa apakah siswa betul-betul memahami sesuatu yang dilakukan. As’ari (1998:3) juga mengemukakan bahwa guru tidak terlalu dipusingkan untuk membedakan dua istilah “know” dan “know how to”.

Item Type: Teaching Resources
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 01 Apr 2017 13:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item