Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas dan merdeka belajar di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Mukti, Taufiq Satria (2023) Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas dan merdeka belajar di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan dengan pendekatan mix method. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah sequential kuantitatif-kualitatif. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran kompetnsi guru yang memberikan dampak terhadap kualitas pemebaljran. Penelitian dilakukan terhadap 127 Guru Madrasah Negeri di Kabupaten Malang dan Kota Batu yang terdiri dari 6 madrasah yaitu MAN Kota Batu, MAN 1 Malang, MAN 2 Malang, MTSN Kota Batu, MTS N 2 Malang, dan MTS N 3 Malang. Pemilihan sampel madrasah dilakukan secara random. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan kuesioner terkait empat kompetensi guru. Sedangkan data kualitatif dilakukan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dari aspek kuesioner yang dikembangkan sesuai kondisi di madrasah. Analisis data dilakukan dengan uji regresi dan statistic deskriptif. Data kualitatif memiliki fungsi sebagai triangulasi data untuk respon kuesioner yang diberikan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru yang ada berada pada kategori sangat baik mencapai 60,3% sejalan dengan kualitas pembealajran yang ditemukan. Meskipun demikian ada 30% guru yang perlu peningkatan kompetensi karena guru tersebut belum meiliki sertifikat pendidik dan berada pada masa kerja sebagai guru kurang dari 5 tahun. Dalam prakteknya guru memanfaatkan rekan kerja, MGMP, maupun forum pelatihan lain untuk menunjang kompetensi dan memberikan pelayanan kualitas pembealajaran yang optimal. Guru perlu terus berinovasi dalam menyelenggarakan Pendidikan agar terintegrasi dengan teknologi serta capaian kemampuan sikap dan kognitif sesuai kebutuhan siswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kompetensi guru; kualitas pembelajaran; pelatihan guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Taufiq Satria Mukti
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item