Pengaruh kemampuan guru madrasah melalui variabel moderasi pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap kualitas pembelajaran dan merdeka belajar (sertifikat hak cipta)

Taufiq Satria Mukti (2023) Pengaruh kemampuan guru madrasah melalui variabel moderasi pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap kualitas pembelajaran dan merdeka belajar (sertifikat hak cipta). 000536970.

[img]
Preview
Text
17314.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru berbanding lurus dengan kualitas pembelajaran bagi siswa. Sampai saat ini pengukuran kompetensi guru dilakukan dengan instrumen yang relatif panjang. Penelitian dilakukan untuk memperoleh bukti bahwa instrumen untuk mengukur kompetensi guru (pedagogi, professional, social dan keperibadian) merupakan instrumen yang praktis digunakan dan shahih. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa kompetensi guru berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian dilakukan terhadap guru madrasah negeri kabupaten malang dan kota batu sebanyak 127 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui google formulir dengan skala semantic diferensial (1-10). Instrumen dikembangkan sesuai standar peraturan undang-undang kompetensi guru dan yang telah memenuhi syarat kualitas dari pengujian konten oleh expert dan telah dilakukan pengujian empiris menggunakan SEM. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bukti bahwa memang terdapat pengaruh positif kompetensi guru terhadap kualitas pembealjaran. Kekuatan pengaruh dalam analisis regresi yang diperoleh adalah sebesar 90,8%.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kompetensi guru; regresi; kualitas pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Taufiq Satria Mukti
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item