Prosedur penetapan kelayakan tugas akhir mahasiswa berbasis total quality management (studi di program studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta)

Iffaty Nasyiah, Aditya Prastian Supriyadi, dan Kurniasih Bahagiati (2023) Prosedur penetapan kelayakan tugas akhir mahasiswa berbasis total quality management (studi di program studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta). 000555481.

[img] Text
17459.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Problematika mahasiswa yang mengalami banyak penolakan judul skripsi perlu direspon melalui kebijakan yang transformatif. Pendekatan Total Quality Management dapat menjadi ukuran untuk menciptakan kebijakan untuk mengatasi problematika mahasiswa yang telah diidentifikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis transformasi kebijakan pengesahan judul skripsi berbasis (TQM) di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TQM dalam kebijakan pengesahan judul skripsi dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas akademis. Agar kebijakan pengesahan skema skripsi Prodi HES dapat menjadi kebijakan yang transformatif, dapat memperhatikan 4 (empat) indikator TQM yang terdiri dari (1) fokus pada pelanggan, (2) keterlibatan para pihak, (3) pengukuran komitmen, dan (4) Perbaikan berkelanjutan yang dapat diintegrasikan kedalam kebijakan. Penerapan TQM dalam kebijakan diharapkan dapat menciptakan kebijakan yang dapat mengatasi problematika mahasiswa yang mengalami banyak penolakan skripsi. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan kebijakan untuk membimbing mahasiswa dalam menyiapkan rencana penelitian yang layak sebagai tugas akhir dalam masa akhir perkuliahan.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: judul skripsi; mahasiswa; total quality management
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Aditya Prastian Supriyadi
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item