Pengembangan media augmented reality pada materi geometri jenjang MTs/ SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar (sertifikat hak cipta)

Nuril Huda, Abdul Aziz, dan Ibrahim Sani Ali Manggala (2023) Pengembangan media augmented reality pada materi geometri jenjang MTs/ SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar (sertifikat hak cipta). 000564852.

[img] Text
17468.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran yang dulunya kurang menarik kini banyak yang memanfaatkan teknologi dalam penyampaiannya tanpa mengurangi esensi dan materi yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan masih baru adalah Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media augmented reality yang valid dan menarik pada materi geometri jenjang MTs/SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), dimana penelitian ini menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengembangan MDLC tersusun dari enam tahap yang mencakup concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dari lembar validasi terbagi menjadi data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Data dari angket berupa kuantitatif dianalisis untuk mengetahui kemenarika media pembelajaran yang dikembangkan dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil uji Validitas media dari aspek ICT, Bahasa, Desain, dan Materi menunjukkan persentase rata-rata sebesar 95.05%, dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kemenarikan memperoleh persentase rata-rata sebesar 83.30%, juga dengan kategori “Tertarik, perlu direvisi”. Selain itu, hasil uji T dengan nilai Sig. 0,01 < 0,05 bahwa terdapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media AR. Dengan demikian, melihat hasil penilaian mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak diimplementasi pada proses pembelajaran di kelas sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: media AR; geometri; hasil belajar; IKM
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Nuril Huda
Date Deposited: 14 Dec 2023 13:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item