Strategi digital marketing melalui peningkatan jangkauan pelanggan dalam upaya penguatan kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Fitriyah, Fitriyah ORCID: https://orcid.org/0009-0000-9402-9370, Supriyanto, Achmad Sani ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1519-3258, Maharani, Vivin, Pradana, Ayub Wijayati Sapta and Khan, Ryan Basith Fasih ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7840-0010 (2023) Strategi digital marketing melalui peningkatan jangkauan pelanggan dalam upaya penguatan kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Community Service Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
17484.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pondasi utama perekonomian Indonesia yang mana hal ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong kemampuan dan kemandirian masyarakat untuk berkembang dalam sektor ekonomi. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini sudah ada sekitar 60 juta pelaku UMKM di Indonesia. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring berkembangnya teknologi dan potensi sumber daya alam yang ada. UMKM juga mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional sehingga berkontribusi besar dalam membangun perekonomian negara. Meski begitu, ada beberapa permasalahan yang sering dialami UMKM di Indonesia dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi. Jika hal tersebut tidak diatasi, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar. Permasalahan tersebut salah satunya adalah pemasaran pada era digitalisasi dan revolusi industri 5.0. Pelaku UMKM masih sedikit yang memahami proses dan strategi pemasaran online atau digital. Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Tahun 2023 bertujuan untuk memberikan penguatan UMKM dalam menghadapi era industri 5.0, khususnya kepada Kelompok Usaha Desa Cendono Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Materi yang disampaikan adalah optimalisasi digital marketing yakni bagaimana Cara Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan Menggunakan Google My Bussiness Profile disertai dengan pendampingan dan praktik langsung pembuatan akun Google My Bussiness Profile pada kelompok UMKM Desa Cendono.

Item Type: Community Service
Keywords: digital marketing; jangkauan pelanggan; UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Ayub Wijayati Sapta Pradana
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item