Buku ajar ilmu pendidikan islam pendekatan integrasi Ulul Albab

Sarkowi, Sarkowi ORCID: https://orcid.org/0009-0004-7506-1518 (2023) Buku ajar ilmu pendidikan islam pendekatan integrasi Ulul Albab. CV Mahata (Magna Raharja Tama), Yogyakarta. ISBN 987-623-6480-91-5 Researcher : Sarkowi, Sarkowi.

[img] Text
17541.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Buku digagas dan disusun dalam rangka berupaya memberikan bekal kepada para pengajar dan mahasiswa, khusunya dilingkungan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan - Program Studi Pendidikan Agama Islam. Disusun dengan pendekatan integrasi ulul albab dalam menganalis, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan Islam yang mencakup aspek tujuan, pendidik, anak didik, bahan, metode, kurikulum, alat, evaluasi dan lembaga-lembaga yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan Islam. Ditulis dari hasil penelitian studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan meramu berbagai sumber-sumber tertulis, yakni dokumen (Kitab/ Buku-buku atau karya, hasil penelitian) Ilmu Pendidikan Islam yang dikembangkan oleh para pemikir pendidikan Islam. Disusun dengan sederhana, agar mudah dipahami, dan menjadi buku pegangan bagi para mahasiswa PTKI dan para pemerhati pendidikan Islam. Pembahasannya mengacu pada materi yang ada dalam Rencana Pembelajaran Semester pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Desain pembahasan dalam masing-masing bab terdiri dari; pendahuluan, rencana dan kegiatan pembelajaran, materi perkuliahan, kontekstualisasi, rangkungan dan latihan soal. Adanya sub bab kontekstualisasi dari setiap bab dalam buku aja ini, bertujuan untuk mengkontektualisasikan dengan dan selanjutnya mengintegrasikan subjek-subjek akademik yang sudah dipelajari dengan konteks pendidikan dan kehidupan sehari-hari, demi terbangunnya kesadaran akan pentingnya penguatan dan pengembangan pendidikan Islam. Melalui pendektan integrasi ulul albab diharapkan agar dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Melalui model pendidikan dan pembelajaran model tersebut, akan lahir dan bertebaran lulusan kampus PTKI yang memiliki predikat “ulama yang intelek profesional dan/atau intelek profesional yang ulama”

Item Type: Book
Keywords: Buku AJar; Ilmu Pendidikan Islam; Pendektan Integrasi; Ulul Albab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Sarkowi Sarkowi
Date Deposited: 20 Dec 2023 13:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item