Pengembangan buku Sejarah Nasional Indonesia (SNI) bagi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Melinda, Vannisa Aviana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5157-5611 (2023) Pengembangan buku Sejarah Nasional Indonesia (SNI) bagi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Other. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17553.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

JASMERAH “Jangan Sekali kali Meninggalkan Sejarah” merupakan pidato yang yang disampaikan pada 17 Agustus 1966 oleh Ir. Soekarno. Pengenalan Sejarah Bangsa Indonesia memang harus menjadi pondasi atau pijakan bagi arah masa depan negara tercinta Indonesia, Khususnya, di era milenial saat ini, di tengah gempuran digitalisasi dan globalisasi yang telah menjadi sebuah keniscayaan. Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup. Untuk meneladani dan memahami sejarah bagi seorang penerus generasi bangsa membutuhkan media yang menarik, atau referensi bacaan yang menarik yang pembahasanya mudah di pahami yaitu salah satu contohnya dengan menggunakan buku ajar.
Berdasarkan hasil observasi lapangan, khususnya pada mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah pada mata kuliah Sejarah Nasional Indonesia, masih terdapat kekurangan terkait pemahaman Sejarah Bangsa , terbukti dengan seringnya dosen mengulang materi dasar dan mahasiswa umumnya masih pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu , belum ada buku rujukan khusus yang dikembangkan oleh dosen Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah terkait buku ajar Sejarah Nasional Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bahwa pengembangan buku ini membantu mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman mereka terkait dengan materi Sejarah Nasional Indonesia.
Metode penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang meliputi ; 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation , 5) Evaluation. Instrumen validasi yang digunakan ialah validasi ahli materi dan validasi ahli media. Pada validasi ahli materi didapat skor penilaian dengan nilai 92% dengan kriteria sangat baik , dan validasi ahli media didapat skor penilaian sebanyak 90% dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Sejarah Nasional Indonesia yang dihasilkan mempunyai kriteria “sangat baik” dan layak untuk digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Research (Other)
Keywords: penelitian pengembangan; buku ajar; sejarah nasional Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: VANNISA AVIANA MELINDA
Date Deposited: 20 Dec 2023 13:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item