Korelasi antara perfeksionisme dan takut gagal pada mahasiswa program intensif bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Antasari Banjarmasin

Hamid, M. Abdul, Ifawati, Nur Ila ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3851-9273 and Charis, M. Abdullah (2023) Korelasi antara perfeksionisme dan takut gagal pada mahasiswa program intensif bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Antasari Banjarmasin. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17570.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan maksimal dalam pembelajaran menjadi target yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Di antara pembelajar menganggap bahwa perfeksionisme sebagai konsep untuk meraih tujuan. Penelitian ini penting dilakukan guna memahami Korelasi antara Perfeksionisme dan Takut Gagal pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan rumusan masalah yaitu terdapat atau tidaknya korelasi antara perfeksionisme dan takut gagal dalam studi bahasa Arab pada mahasiswa program intensif bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Antasari Banjarmasin, serta bagaimana kategorisasi perfeksionisme dan takut gagal dalam studi bahasa Arab pada mahasiswa program intensif bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Antasari Banjarmasin. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan instrumen melalui survei Google Form. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson dan aplikasi SPSS.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tabel hasil uji korelasi antara perfeksionisme dan takut gagal dalam studi bahasa Arab pada mahasiswa program intensif bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diketahui bahwa nilai signifikanisi kedua variabel sebesar 0,163 > 0,05 yang artinya Tidak Berkorelasi. Hasil tabel kategorisasi perfeksionisme di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diketahui sebanyak 41 mahasiswa atau sebesar 6,9% yang berada dalam kategori perfeksionisme rendah, 480 mahasiswa atau sebesar 80,9% yang berada dalam kategori perfeksionisme sedang, dan 72 mahasiswa atau sebesar 12,1% yang berada dalam kategori perfeksionisme tinggi. Berdasarkan tabel kategorisasi fear of failure di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diketahui sebanyak 85 mahasiswa atau sebesar 14,3% yang berada dalam kategori fear of failure rendah, 427 mahasiswa atau sebesar 72,0% yang berada dalam kategori fear of failure sedang, dan 81 mahasiswa atau sebesar 13,7% yang berada dalam kategori fear of failure tinggi.
Adapun berdasarkan tabel hasil uji korelasi antara perfeksionisme dan takut gagal dalam studi bahasa Arab pada mahasiswa program intensif bahasa Arab di UIN Antasari Banjarmasin, diketahui bahwa nilai signifikanisi kedua variabel sebesar 0,280 > 0,05 yang artinya Tidak Berkorelasi. Hasil tabel kategorisasi perfeksionisme di UIN Antasari Banjarmasin, diketahui sebanyak 32 mahasiswa atau sebesar 10,7% berada dalam kategori perfeksionisme rendah, 218 mahasiswa atau sebesar 72,7% berada dalam kategori perfeksionisme sedang, dan 50 mahasiswa atau sebesar 16,7% berada dalam kategori perfeksionisme tinggi. Berdasarkan tabel kategorisasi fear of failure di UIN Antasari Banjarmasin, diketahui sebanyak 47 mahasiswa atau sebesar 15,7% berada dalam kategori fear of failure rendah, 209 mahasiswa atau sebesar 69,7% berada dalam kategori fear of failure sedang, dan 44 mahasiswa atau sebesar 14,7% berada dalam kategori fear of failure tinggi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: perfeksionisme; takut gagal; pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: M. Abdul Hamid
Date Deposited: 20 Dec 2023 13:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item