Proses percepatan penyembuhan luka insisi dengan pemberian emulgel minyak buah merah (Pandanus Conoideus Lamk.) (sertifikat hak cipta)

Ria Ramadhani Dwi Atmaja dan Fidia Rizkiah Inayatilah (2023) Proses percepatan penyembuhan luka insisi dengan pemberian emulgel minyak buah merah (Pandanus Conoideus Lamk.) (sertifikat hak cipta). 000553125.

[img]
Preview
Text
17621.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minyak buah merah (Pandanus conoideus Lamk.) merupakan salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Kandungan senyawa tokoferol, karotenoid, asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat dalam minyak buah merah memiliki aktivitas terhadap proses penyembuhan luka insisi. Pada penelitian ini, minyak buah merah diformulasikan dalam bentuk emulgel karena dapat meningkatkan stabilitas dan penetrasi sediaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya aktivitas emulgel minyak buah merah terhadap kepadatan kolagen dan jumlah angiogenesis pada penyembuhan luka insisi dan mengetahui dosis optimal emulgel minyak buah merah terhadap kepadatan kolagen dan jumlah angiogenesis pada penyembuhan luka insisi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan rancangan penelitian post test only control group design yang terdiri dari 6 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif yang diberi basis gel (K-), kelompok kontrol positif diberikan salep povidone iodine 10% (K+), serta kelompok perlakuan yang terdiri dari P1, yang diberi minyak buah merah murni, serta P2, P3, dan P4 yang masing-masing diberikan emulgel minyak buah merah dengan konsentrasi 5% b/v, 10% b/v, dan 15% b/v. Parameter yang digunakan untuk mengukur persentase area kepadatan kolagen adalah menggunakan software imageJ, sedangkan untuk mengukur jumlah angiogenesis menggunakan software image raster. Analisis statistika dilakukan menggunakan uji One Way ANOVA dengan nilai signifikan P = 0,000 dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian ini menunjukkan emulgel minyak buah merah mampu meningkatkan produksi kolagen dan jumlah angiogenesis pada proses penyembuhan luka insisi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa emulgel minyak buah merah memiliki aktivitas terhadap peningkatan kepadatan kolagen dan jumlah angiogenesis pada penyembuhan luka insisi tikus yang ditunjukkan pada kelompok konsentrasi 5%, 10%, dan 15%. Konsentrasi dosis optimal emulgel minyak buah merah terhadap peningkatan kepadatan kolagen dan jumlah angiogenesis pada penyembuhan luka insisi ditunjukkan pada emulgel minyak buah merah dengan konsentrasi 15% b/v.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Minyak Buah Merah (Pandanus conoideus Lamk.); Luka Insisi; Kepadatan Kolagen; Angiogenesis; Emulgel
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1104 Complementary and Alternative Medicine > 110499 Complementary and Alternative Medicine not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Fidia Inayatilah
Date Deposited: 27 Dec 2023 13:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item