Pembelajaran Qawaid Imla berbasis Bahasa Arab

Qomari, Nur (2023) Pembelajaran Qawaid Imla berbasis Bahasa Arab. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17702.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah sistem yang melibatkan berbagai unsur pendidikan seperti pendekatan, metode, media dan evaluasi. Semua unsur pendidikan harus melekat pada proses pembelajaran yang ada di berbagai institusi pendidikan semisal universitas dan sekolah ataupun lembaga yang serupa. Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dalam sebuah lembaga pendidikan, setiap lembaga tersebut berusaha merumuskan strategi, metode pembelajaran yang unggul. Sehingga proses pembelajaran tersebut benar-benar membawa lulusan yang unggul dan berkualitas.

Pembelajaran Qawaid imla’ di jurusan bahasa dan sastra arab Universitas Islam Negeri Malang memiliki berbagai strategi untuk menciptakan mahasiswa yang benar-benar menguasai materi sekaligus terampil dalam berbahasa arab secara aktif. Di antara straegi yang digunakan oleh dosen qawaid imla’ khususnya pada kelas Ek dan Fk ialah dengan menerapkan pembelajaran berbasis bahasa arab. Pembelajaran qawaid imla’ yang berbasis bahasa arab ini menuntut seluruh elemen pembelajaran menggunakan bahasa arab. Diantara yang harus berbentuk bahasa arab ialah silabus, SAP, bahan ajar serta bahasa pengantar harus menggunakan bahasa arab.

Penelitian ini mencoba untuk mencari informasi terkait pembelajaran qawaid imla’ yang berbasis bahasa arab. Terutama terkait dengan silabus, SAP, Bahan ajar dan bahasa pengantar yang terkait yang dipakai dalam pemeblajaran qawaid imla’ yang berbasis bahasa arab, serta motivasi dan faktor pendukung dan penghalang.Untuk memperoleh informasi yang lengkap terkait pembelajaran qawaid imla’ yang berbasis bahasa arab, maka peneliti menggali data dengan cara wawancara, dokuentasi dan angket terbuka. Informasi ini diambil dari mahasiswa yang telah mengikuti pembelajaran qawaid imla’ yang berbasis bahasa arab di jurusan Bahasa dan sastra arab. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pembelajaran; Qawaid Imla’; bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Nur Qomari
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item