HKI hasil penelitian

Efiyanti, Alfiana Yuli and Pusposari, Luthfiya Fathi (2023) HKI hasil penelitian. EC002023137428.

[img]
Preview
Text
sertifikat HKI_EC002023137428.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eksploitasi sumber daya alam dilakukan secara besar-besaran tanpa mempedulikan dampaknya adalah salah satu contoh bentuk ketidakpedulian. Di Indonesia, kepentingan mendapatkan profit tanpa memperhatikan kesejahteraan manusia dan lingkungan di sekitarnya menimbulkan berbagai dampak yang merugikan. Sejalan dengan itu, perkembangan teknologi telah membawa manusia pada era society 5.0, dimana teknologi tidak hanya mengandalkan mesin-mesin maupun alat bantu digital saja. Oleh sebab itu keterampila berkolaborasi sekaligus peduli kepada lingkungan sekitarnya menjadi penting. Melalui pendidikan, perilaku bekerjasama dan peduli pada sesama manusia dan pada lingkungan di sekitar dapat dicapai dengan berbagai metode dan strategi. Salah satunya adalah dengan menerapkan caring economics. Pada jenjang perguruan tinggi, caring economics dapat diinternalisasikan ke dalam matakuliah yang mengandung substansi pengelolaan sumber daya. Salah satunya adalah pada mata kuliah kewirausahaan
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pembelajaran kewirausahaan yang mengimplementasikan caring economics untuk meningkatkan collaborative skill mahasiswa Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, 2) Melakukan langkah-langkah pengembangan model pembelajaran kewirausahaan yang mengimplementasikan caring Economics untuk meningkatkan collaborative Skill mahasiswa Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, 3) Menguji efektifitas model pembelajaran kewirausahaan yang mengimplementasikan caring Economics untuk meningkatkan collaborative Skill mahasiswa Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R & D) yang mengacu pada teori pengembangan ADDIE. Sumber data di dalam penelitian ini terbagi menurut langkah-langkah yang dilakukan sesuai dengan tahapan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. 1. Pada tahap analisis kebutuhan data yang diperoleh bersumber dari dosen dan mahasiswa. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang dipilih adalah PTKI yang memiliki program studi Pendidikan IPS atau Tadris IPS. Sebagai sampel yang dianggap mewakili PTKI negeri dan swasta, maka pada tahap analisis kebutuhan ini, dipilihlah prodi Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, prodi Tadris IPS STAIN Tulungagung, dan prodi Tadris IPS Universitas Tazkiya Bogor. 2. Pada tahap desain, sumber data yang dibutuhkan adalah hasil analisis kebutuhan dan referensi mengenai model pembelajaran kewirausahaan yang mengimplementasikan caring economics 3. Di dalam tahap pengembangan, data yang diperoleh bersumber dari hasil desain model yang telah disusun pada tahap desain. Selain itu data juga diperoleh dari hasil review, masukan dan validasi ahli. Data tersebut kemudian digunakan untuk melakukan perbaikan atau revisi model. 4. Sumber data yang diperlukan pada tahap implementasi adalah hasil revisi model, hasil obervasi peneliti pada subyek uji coba, hasil pretest dan post test. 5. Pada tahap evaluasi, sumber data adalah mahasiswa sebagai subyek uji coba dan dosen yang akan memberika masukan kepada peneliti untuk kesempurnaan model yang telah dikembangkan.
Penelitian menghasilkan suatu model pembelajaran kewirausahaan berbasis caring economics untuk meningkatkan collaborative skills mahasiswa prodi Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Model tersebut tertuang pada buku model yang berisi rencana pembelajaran, sintaks pembelajaran kewirausahaan berbasis caring economics dan ringkasan materi. model yang dikembangkan memiliki kekuatan sebagai berikut: 1) model dikembangkan dan didesain atas dasar kebutuhan oleh dosen dan mahasiswa sehingga sangat relevan untuk digunakan, 2) Model telah dinilai dan divalidasi oleh dua ahli yakni ahli bidang materi kewirausahaan berbasis caring economic dan ahli bidang desain. Berdasarkan masukan dan saran kedua ahli tersebut, model mengalami beberapa revisi, 3) Model ini telah diimplementasikan/diujicobakan di lapangan yakni pada 3 kelas matakuliah kewirausahaan di prodi PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan di prodi TIPS IAI Tazkiya Bogor. Dari hasil respon keterlaksanaan dan uji coba, model mengalami revisi akhir sehingga diharapkan benar-benar sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan berbasis caring economics. Sedangkan kelemahan/kekurangan dari model ini terdapat pada uji coba yang dilakukan masih sebatas pada kegiatan-kegiatan pembelajaran kewirausahaan pada 4 capaian pembelajaran saja. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan-pengembangan lebih lanjut terutama dalam konteks pengembangan model caring economics.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: model pembelajaran kewirausahaan, caring economics, collaborative skills
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Alfiana Yuli Efiyanti
Date Deposited: 31 Dec 2023 08:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item