Implementasi materi pembelajaran bahasa arab berbasis budaya lokal di Perguruan Tinggi

Munir, Muhammad Mubasysyir ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1412-8438, Ningsih, Anita Andriya and Mansur, Sugeng Ali (2023) Implementasi materi pembelajaran bahasa arab berbasis budaya lokal di Perguruan Tinggi. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17753.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Pendidikan Bahasa Arab di perguruan tinggi Islam telah menjadi perhatian khalayak ramai, dengan diakuinya pengembangan materi pembelajaran yang mencerminkan kearifan lokal dan nilai-nilai budaya Indonesia. hal ini berpotensi besar dalam memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan dampak dari materi pembelajaran Bahasa Arab berbasis budaya lokal dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa di perguruan tinggi Islam. Hasil penelitian ini adalah 1) peningkatan keterampilan mendengarkan pada mahasiswa, terutama dalam memahami variasi aksen, ekspresi sehari-hari dalam konteks budaya lokal; 2)berdampak positif dan signifikan pada pemahaman mahasiswa terhadap keterampilan bahasa lainnya.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Materi; Pembelajaran Bahasa Arab; Budaya Lokal; Perguruan Tinggi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muhammad Mubasysyir Munir
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item