Hambali, Muh. (2015) Guru PAI dan multikultural. Presented at Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), 22-25 September 2015, Manado.
|
Text
Guru PAI dan Multikultural.edit finish.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Guru PAI mempunyai tanggung jawab besar terhadap peningkatan kompetensi yang sudah dirumuskan undang-undang guru dan kebijakan pemerintah. Bentuk perhatian tersebut merupakan wujud komitmen terhadap profesi guru meskipun beberapa kasus menyisakan hambatan reaktualisasi konsep lima kompetensi cenderung bersifat homogenitas dari pada heterogenitas. Keduanya mendorong transformasi budaya sulit dibendung di era global ini yang dapat menyokong terjadinya krisis adanya pengakuan multikutural karena belum adanya kesepakatan dalam membuat batas-batas konsep maupun praktik. Profesi guru mempunyai kedudukan mendidik pribadi yang sadar multicultural karena guru menurut pendidikan Islam mempunyai arti subtansial yaitu orang yang berusaha menyiapkan peserta didik yang berkepribadian tinggi. Guru juga menjadi bagian yang dipercaya mampu mengembangkan kompetensi secara kontekstual selaras dengan kemajemukan bangsa, kususnya multikultural yang tidak dapat dihindari sebagai Negara yang mendasarkan Bhineka Tunggal Ika. Multikulural meniscayakan kesetaran kelompok minoritas dengan kelompok mayoritas menyebabkan ketegangan hubungan antar kelompok jika tidak dibangun oleh nilai-nilai teologis yang inklusif. Sementara itu budaya atau tradisi manusia lebih tersedia teologis yang bersifat subyektif, sesuai menurut keyakinan yang dianut. Untuk itulah, seorang guru membutuhkan reaktulisasi penjabaran konsep kompetensi. Yaitu ada tiga gagasan menurut Merryfield (1997) yang mencakup kemampuan konseptual, pengalaman lintas budaya dan keterampilan pedagogik. Tiga konsep itu harus selaras dengan nilai yang terkandung dalam konsep ustadz, mu’alim, murabbi, mursyid, mudarris dan muaddib.
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Keywords: | Multicultural education; multicultural teacher; |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Muh. Hambali |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 17:01 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |