Kompetensi interkultural guru Bahasa Inggris: kontribusinya dalam penguatan moderasi beragama di Madrasah Aliyah

Rohmah, Galuh Nur and Fitriyah, Ulil (2023) Kompetensi interkultural guru Bahasa Inggris: kontribusinya dalam penguatan moderasi beragama di Madrasah Aliyah. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17838.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya kompetensi interkultur bagi murid dan guru dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah di Jawa Timur. Kompetensi interkultur dianggap sebagai kunci untuk memungkinkan murid menjalin komunikasi dan interaksi secara luas dengan masyarakat global. Guru, sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran, juga dituntut memiliki kompetensi interkultur agar dapat efektif berkomunikasi dalam masyarakat dunia yang multikultur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi interkultural guru dan melihat kesiapannya dalam mengimplementasikan pembelajaran Bahasa Inggris interkultural, sebagai bagian dari upaya mendukung program moderasi keberagamaan oleh Kementerian Agama. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential explanatory. Data dikumpulkan melalui angket online kepada guru Madrasah Aliyah menggunakan Google Form, disertai dengan wawancara terstruktur secara online kepada lima responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat sensitivitas interkultural yang tinggi atau sangat tinggi. Selain itu, sebagian besar responden juga menunjukkan moderasi keberagamaan yang baik. Analisis Chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi interkultural sensitivity guru dengan moderasi keberagamaan. Hasil ini menegaskan bahwa semakin tinggi tingkat sensitivitas interkultural guru, semakin baik pula moderasi keberagamaan yang dapat diwujudkan dalam konteks pendidikan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan bahwa strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang bersifat integratif berbasis interkultural dan moderasi beragama merupakan pendekatan holistik yang dapat memperkuat hubungan saling memahami dan menghargai di antara anggota komunitas santri.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: interkultural; moderasi beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Galuh 085257478585 Rohmah
Date Deposited: 02 Jan 2024 13:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item