Evaluasi model kearsipan internal pada records management perguruan tinggi dalam upaya optimalisasi pengelolaan arsip di perguruan tinggi (studi kasus pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta)

Khafid Roziki, Moh. Sholahuddin, dkk (2023) Evaluasi model kearsipan internal pada records management perguruan tinggi dalam upaya optimalisasi pengelolaan arsip di perguruan tinggi (studi kasus pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) (sertifikat hak cipta). 000570257.

[img]
Preview
Text
17865.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi kearsipan internal pada records management perguruan tinggi menjadi hal yang penting untuk dilakukan, mengingat peran arsip sangatlah vital terhadap berjalannya suatu organisasi. Evaluasi kearsipan tersebut bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi pengelolaan dokumen dan rekaman dalam suatu organisasi, termasuk perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. objek ini dipilih karena memiliki sejarah panjang dan kaya akan dokumen dan rekaman, termasuk dokumen dan rekaman yang berhubungan dengan aktivitas akademik dan administratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memotret model kearsipan yang ada dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan model kearsipan yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang menerapkan strategi analisis secara cermat dan mendalam atas sebuah proses atau aktifitas pengelolaan arsip. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelolaan arsip UIN Maulana Malik Ibrahim Malang belum sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan serta peraturan perundang-undangan turunannya karena belum ditetapkannya organisasi kearsipan beserta infrastrukturnya dalam tata kelembagaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta belum adanya jadwal retensi arsip (JRA) dan sistem klasifikasi dan keamanan akses arsip dinamis (SKKAAD) sebagai bagian dari instrumen pengelolaan arsipnya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: arsip perguruan tinggi; evaluasi kearsipan internal; pengelolaan arsip dinamis.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Khafid Roziki
Date Deposited: 03 Jan 2024 14:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item