THE INFLUENCE OF OUTDOOR STUDY MODEL AND LEARNING MOTIVATION ON SOCIAL SCIENCES LEARNING OUTCOMES

Febriana, Anindia Putri, Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898, Kurniawan, Muchammad Akbar and Maulidiah, Linda (2023) THE INFLUENCE OF OUTDOOR STUDY MODEL AND LEARNING MOTIVATION ON SOCIAL SCIENCES LEARNING OUTCOMES. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (3). pp. 342-352. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
3067-Article Text-12201-1-10-20231228 dinamika sosial.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran outdoor study dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) 6 Ponorogo sebanyak 141 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa di kelas IXA (kelas eksperimen) dan 20 siswa di kelas IXC (kelas kontrol). Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji t (independent sample t-test), uji ANOVA dua arah, dan uji lanjutan uji ANOVA dua arah yaitu uji Tukey (post hoc test). Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran outdoor study berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hasil perhitungan diperoleh melalui Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, hasil perhitungan diperoleh melalui Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan (3) terdapat interaksi secara simultan antara model pembelajaran outdoor study dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, hasil perhitungan yang diperoleh melalui analisis variansi dua arah menunjukkan nilai F = 17,908 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001.

Item Type: Journal Article
Keywords: Outdoor Study, Learning Motivation, Social Sciences Learning Outcome
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 30 Jan 2024 14:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item