Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa MTs Midanutta’lim Jombang

Firmansyah, Fikri and Fauziyah, Nailul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5074-8514 (2023) Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa MTs Midanutta’lim Jombang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (4). pp. 362-374. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
18217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (489kB) | Preview

Abstract

Game online merukapan jenis game yang sangat digemari oleh berbagai kalangan sekarang. Ajang kompetitif dan komunitas yang memperkenalkan game mereka menjadikan daya tarik untuk bermain game online. Selain itu penggunaan game online juga memiliki dampak. Beberapa siswa MTs Midanutta’lim juga terdapat siswa yang bermain game online. Siswa yang bermain game online yang cukup lama akan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap game online sehingga ini akan berdampak negatif dan positif pada kegiatan belajar mereka seperti dampak negatif malas belajar, mengantuk dikelas, selain itu dampak positif siswa menumbuhkan minat bahasa inggris dan mudah bergaul. Penelitian ini dilakukan di MTs Midanutta’lim Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan motivasi apa yang mendorong siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim bermain game online. (2) Untuk mendeskripsikan dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim Jombang. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik dokumentasi, observasi dan wawancara. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 terdiri dari siswa kelas VIII MTs Midanutta’lim. Hasil penelitian ini adalah mengungkapkan siswa yang bermain game online memiliki motivasi apa saja yang ketertarikan siswa sehingga mereka terdorong untuk bermain game online dan juga dampak yang dirasakan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas antara lain. Motivasi siswa MTs Midanutta’lim bermain game online terbagi menjadi dua faktor antara lain faktor internal (1) tantangan (2) keingintahuan (3) kontrol (4) fantasi. Sedangkan faktor eksternal (5) lingkungan (6) penghargaan (7) ingin menjadi pemain proplayer. Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa antara lain (1) diri sendiri (2) keluarga (3) lingkungan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Motivasi; Dampak; Game Online
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: M.A. Nailul Fauziyah
Date Deposited: 07 Feb 2024 13:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item