Firmansyah, Fikri and Fauziyah, Nailul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5074-8514 (2023) Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa MTs Midanutta’lim Jombang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (4). pp. 362-374. ISSN 2828-4763
|
Text
18217.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (489kB) | Preview |
Abstract
Game online merukapan jenis game yang sangat digemari oleh berbagai kalangan sekarang. Ajang kompetitif dan komunitas yang memperkenalkan game mereka menjadikan daya tarik untuk bermain game online. Selain itu penggunaan game online juga memiliki dampak. Beberapa siswa MTs Midanutta’lim juga terdapat siswa yang bermain game online. Siswa yang bermain game online yang cukup lama akan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap game online sehingga ini akan berdampak negatif dan positif pada kegiatan belajar mereka seperti dampak negatif malas belajar, mengantuk dikelas, selain itu dampak positif siswa menumbuhkan minat bahasa inggris dan mudah bergaul. Penelitian ini dilakukan di MTs Midanutta’lim Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan motivasi apa yang mendorong siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim bermain game online. (2) Untuk mendeskripsikan dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim Jombang. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik dokumentasi, observasi dan wawancara. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 terdiri dari siswa kelas VIII MTs Midanutta’lim. Hasil penelitian ini adalah mengungkapkan siswa yang bermain game online memiliki motivasi apa saja yang ketertarikan siswa sehingga mereka terdorong untuk bermain game online dan juga dampak yang dirasakan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas antara lain. Motivasi siswa MTs Midanutta’lim bermain game online terbagi menjadi dua faktor antara lain faktor internal (1) tantangan (2) keingintahuan (3) kontrol (4) fantasi. Sedangkan faktor eksternal (5) lingkungan (6) penghargaan (7) ingin menjadi pemain proplayer. Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa antara lain (1) diri sendiri (2) keluarga (3) lingkungan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Motivasi; Dampak; Game Online |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | M.A. Nailul Fauziyah |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 13:29 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |