Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif untuk guru-guru di MI Probolinggo

Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2518-0020 and Elmunsyah, Hakkun (2023) Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif untuk guru-guru di MI Probolinggo. Presented at Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS), 28 Oktober 2023, Malang.

[img]
Preview
Text
18264.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif sangat penting dalam proses pembelajaran siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar pembelajaran lebih menarik dan materi lebih mudah dipahami. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru MI Mambaul Ulum Probolinggo dalam mengembangkan multimedia berupa Power Point untuk memudahkan menyampaikan materi. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Yayasan Mambaul Ulum Probolinggo pada tanggal 27 Februari 2023. Pada tahap pelatihan, guru-guru diberi materi media pembelajaran interaktif berupa pemanfaatan berbagai fitur yang ada di Power Point, yaitu menyisipkan gambar, video dan suara pada slides serta membuat soal yang menarik untuk mengases pemahaman siswa. Pada tahap pendampingan, guru-guru mempraktikkan pembuatan slides Power Point sesuai mata pelajaran yang diampu, sehingga menghasilkan media yang siap digunakan ketika mengajar. Sedangkan tahap evaluasi, para guru diberikan angket untuk menyampaikan tanggapannya atas kegiatan pengabdian ini. Kata kunci— pengabdian masyarakat, media pembelajaran, media interaktif, power point.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: pengabdian masyarakat; media pembelajaran; media interaktif; power point
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: kusuma dyahdewi
Date Deposited: 19 Feb 2024 09:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item