Peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran permainan bola tangkap di MI Manarul Islam Malang

Widodo, Bintoro, Irawan, Wahyu Henky, Setyaningrum, Ikha Sulis and Rahmanto, Kelik Desta ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4549-0280 (2023) Peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran permainan bola tangkap di MI Manarul Islam Malang. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img] Text
18298.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai jenjang paling dasar pada pendidikan formal mempunyai peran besar bagi keberlangsungan proses jenjang pendidikan di sekolah selanjutnya. Keterampilan gerak merupakan kebutuhan yang penting dan terus menerus perlu dikembangkan didalam pembelajaran penjas di sekolah dasar. Model pembelajaran yang menyenangkan akan memberikan kesan tersendiri bagi pembentukan perkembangan siswa sekolah dasar. Selain menunjukan aktivitas yang menggembirakan, permainan juga menumbuhkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kognitif serta menunjukkan hasil kinerja organ tubuh melalui pemahaman tentang kebugaran jasmani. Diharapkan dengan pengembangan model pembelajaran yang diterapkan kepada siswa dapat menimbuat siswa berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa pengembangan model pembelajaran permainan bola kecil (permainan bola tangkap) sangat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa yang bertujuan dalam pengembangan ketrampilan motorik siswa. Selain dapat mengembangkan ketrampilan motorik siswa, permainan bola tangkap dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam segi kognitif. Keempat ciri model pembelajaran tersebut ialah: rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya, landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai), tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil. lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai. Pengembangan model pembelajaran juga menghasilkan berfikir kritis, Pemecahan masalah, diskusi antar siswa, dan Kerjasama.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kemampuan kognitif; model pembelajaran dan permainan bola tangkap
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Kelik Desta Rahmanto
Date Deposited: 19 Feb 2024 14:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item