Implementasi moderasi beragama dalam kearifan lokal Reog Lar Pitik di Kampung Idiot

Nasith, Ali (2023) Implementasi moderasi beragama dalam kearifan lokal Reog Lar Pitik di Kampung Idiot. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img] Text
18330.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana moderasi beragama dalam kearifan lokal Reog Lar Pitik di Kampung Idiot, Desa Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moderasi yang terdapat pada masyarakat Desa Sidoharjo yang mendapat julukan Kampung Idiot adalah nilai toleransi dan patriotism. Moderasi adalah suatu sikap tidak berlebih-lebihan dalam memandang suatu kondisi. Dalam hal ini adalah kearifan lokal Reog Lar Pitik. Kearifan lokal dalam reog ponorogo yang bernuansa moderasi beragama di kampong idiot terwujud dalam 2 hal yaitu toleransi dan menghargai budaya lokal. Wujud moderasi beragama dari ketiga nilai tersebut yaitu pertama toleransi terwujud dalam masyarakat Desa Sidoharjo dalam menghargai di setiap pandangan masyarakat terhadap Reog Lar Pitik sebagai upacara mendatangkan hujan. Sebagian masyarakat masih meyakini bahwa Reog Lar Pitik adalah sarana mendatangkan hujan, ada masyarakat yang berpandangan lain. Pandangan yang berbeda tersebut tidak dibawa ke dalam suatu pertentangan, namun masing-masing masyarakat menghargai pandangan. Kedua, menghargai budaya lokal, hal ini terwujud pada penggunaan Lar Pitik pada Reog. Masyarakat tetap melestarikan Reog tersebut yang pada umumnya memakai bulu merak, tapi karena memang dari awal tradisinya menggunakan Lar Pitik, masyarakat tidak mengganti walaupun secara ekonomi mampu dan lebih bagus, karena Reog Lar Pitik memiliki nilai tradisi mendatangkan hujan.Upaya yang ditempuh masyarakat di Desa Sidoharjo dalam melestarikan kearifan lokal reog ponorogo yang bernuansa moderasi beragama yaitu pertama, mendirikan paguyuban, kedua merekrut anak muda untuk turut berpartisipasi dalam tari Reog, ketiga, melaksanakan tradisi mendatangkan hujan dengan Reog Lar Pitik di musim kemarau.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Moderasi beragama; kearifan lokal; reog; kampung idiot
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Ali Nasith
Date Deposited: 20 Feb 2024 11:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item