Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Moderasi Beragama bagi peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Dau

Ramadhan, Mohammad Galih Rizky, Fattah, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4144-4487 and Mujtahid, Mujtahid (2023) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Moderasi Beragama bagi peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Dau. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
18344.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dapat menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dalam berbagai peran mereka, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, karena Guru Pendidikan Agama Islam harus menjadi teladan dan role model bagi siswa mereka. Mereka harus mendorong siswa untuk menjadi lebih toleran dan memberi mereka waktu untuk memahami moderasi beragama sebagai cara untuk meningkatkan keimanan, persatuan, dan kesatuan umat beragama. Mereka juga harus mendorong siswa untuk menjadi lebih toleran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menghasilkan sebuah data yang berbentuk deskriptif. Hasil Penelitian ini bahwa Pendidikan moderasi beragama di SMP Muhammadiyah 6 Dau menggunakan dua strategi utama: diskursus dan kerja kelompok. Diskursus adalah metode yang berharga bagi siswa untuk memahami dan menerapkan materi dalam proses belajar mereka. Kerja kelompok membantu siswa mengembangkan pengetahuan mereka tentang materi dan kemampuan mereka untuk menerapkannya secara efektif dalam kehidupan akademis dan pribadi mereka. Sedangkan Guru memainkan peran penting sebagai model, motivator, dan facilitator, memberikan solusi untuk masalah siswa yang terkait dengan pendidikan Islam, mendorong partisipasi dalam kegiatan yang mempromosikan toleransi dan pemahaman agama yang berbeda.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Peran guru PAI; Pembelajaran PAI; nilai-nilai moderasi beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Abdul Fattah
Date Deposited: 20 Feb 2024 12:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item