Pemetaan skripsi mahasiswa angkatan tahun 2015 – 2018 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Nurul Yaqien, Siti Ma'rifatul Hasanah, Fitratul Uyun (2023) Pemetaan skripsi mahasiswa angkatan tahun 2015 – 2018 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 000551367.

[img] Text
18366.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan skripsi mahasiswa program studi manajemen
pendidikan Islam dengan fokus pada kajian ontologis, epistemologis dan aksiologis
penelitian manajemen pendidikan Islam. Metode penelitian menggunakan deskripstif
kuantitatif dengan melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai skripsi mahasiswa
angkatan 2015 sampai 2018. Dalam proses pemetaan, penelitian ini menggunakan
pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi wilayah kajian secara ontologi, kajian
epistemologis meliputi metode yang dipakai dalam melakukan penelitian dan kajian
aksiologis untuk menganalisis manfaat dari penelitian dan kontribusinya dalam
pengembangan keilmuan manajemen pendidikan Islam. Hasil penelitian dan
analisisnya adalah sebagai berikut: 1) terdapat 263 skripsi yang diteliti dari mahasiswa
program studi manajemen pendidikan Islam, dari angkatan 2015 sampai 2018. Terdapat
14 tema dari 263 skripsi tersebut, yaitu kepemimpinan, berjumlah 48 skripsi dengan
presentase 18,2%, manajemen sarana prasarana, terdapat 36 skripsi atau 13.69%,
manajemen kurikulum terdapat 28 skripsi atau 10.65%, Sistem Informasi Manajemen
(SIM) terdapat 20 skripsi atau 7.6%, manajemen kesiswaan, terdapat 18 skripsi
manajemen pemasaran dengan jumlah 16 skripsi, budaya sekolah/madrasah dengan
presentase 5.7% atau berjumlah 15 skripsi, manajemen SDM terdapat 14 skripsi,
supervisi dengan jumlah 13 skripsi, manajemen pembiayaan terdapat 11 atau 4.1%, dan
tema manajemen mutu terdapat 10 skripsi, kebijakan pendidikan terdapat 4 skripsi dan
di urutan paling bawah ada manajemen kelas dengan total 2 skripsi. 2) Sebanyak 93,4%
skripsi mahasiswa menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan penelitian
kuantitatif digunakan sebanyak 6,6%. Lokasi penelitian paling banyak diambil
mahasiswa adalah pendidikan menengah yaitu sebanyak 66,4 %. Separo lebih
mahasiswa melakukan penelitian di SMP dan SMA. Urutan kedua adalah di SD/MI,
sedangkan Instansi pemerintah menempati urutan ke 3 sebanyak 12,40% dan urutan ke
5 adalah di perguruan tinggi dan paling sedikit dilakukan di pesantren. 3) Kajian skripsi
mahasiswa dalam bidang kajian manajemen pendidikan Islam memiliki hubungan yang
erat dengan profil lulusan MPI. Dalam konteks manajemen pendidikan Islam, kajian
skripsi bisa memiliki implikasi langsung terhadap profil lulusan. Berikut adalah
beberapa hubungan antara kajian skripsi mahasiswa dan profil lulusan manajemen
pendidikan Islam. Diantaranya adalah bermanfaat untuk: a) Pengembangan
Keterampilan Manajemen, b) Pemahaman Mendalam tentang Tantangan Pendidikan,
c). Inovasi dan Perbaikan Kurikulum, d). Penyusunan Kebijakan Pendidikan, e).
Pengembangan kompetensi dan skill kepemimpinan.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Pemetaan; Skripsi; Manajemen Pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Siti Ma'rifatul Hasanah
Date Deposited: 20 Feb 2024 14:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item