Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kabupaten Probolinggo

https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/c?code=MDg3YzMyOTg2Mjc4YzgzNmM4ZmRhMmU3ZjM4Y2M4MDEK (2023) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kabupaten Probolinggo. EC00202397011.

[img]
Preview
Text
sertifikat_EC00202397011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan
metode outdoor study terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS. Metode oudoor study
telah dilaksanakan di beberapa sekolah di Kabupaten Probolinggo, yaitu di MTs Al-Husna,
SMPN 4 Kraksaan dan SMPIT Permata Kraksaan. Sekolah-sekolah tersebut telah menerapkan
metode outdoor study dalam pembelajaran IPS. metode outdoor study menjadi solusi saat
siswa merasa bosan belajar di kelas. Di sisi lain, ketika menerapkan metode outdoor study ada
beberapa siswa yang asyik bermain dan kurang fokus dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional.
Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs/SMP di Kabupaten Probolinggo.
Purposive sampling menjadi teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini. Jumlah sampel
sebanyak 91 siswa yaitu 42 siswa dari SMPIT Permata Kraksaan, raksaan, 30 siswa dari MTs
Al-Husna dan 19 siswa dari SMPN 4 Kraksaan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner
untuk mengukur motivasi belajar IPS siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan
SPSS 21 dengan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan metode
outdoor study memberikan pengaruh sebesar 45,4% terhadap motivasi belajar siswa,
sedangkan sisanya (54,6%) terpengaruh oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini dan memiliki tingkat korelasi sebesar 0,674 dengan kategori kuat. Secara hasil
uji t atau parsial, persepsi siswa tentang penggunaan metode outdoor study berpengaruh
positif/signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Nilai 8,598 > 1,666 dan nilai sign sebesar
0,000 < 0,005 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima atau persepsi siswa tentang penggunaan
metode outdoor study berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Kata Kunci: Persepsi, Outdoor Study, Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: imam wahyu hidayat
Date Deposited: 20 Feb 2024 19:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item