MODEL MENTAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN ALJABAR BERDASARKAN JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI

Mulyani, Andini Endah Sri, Intsani, Nadila Choirunnisa, Haidar, Ahmad and Irawan, Wahyu Henky (2023) MODEL MENTAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN ALJABAR BERDASARKAN JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
PENELITIAN (untuk IKI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Model mental merefleksikan struktur mental mahasiswa yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam menyelesaikan masalah-masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model mental mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar berdasarkan jalur masuk perguruan tinggi.
Penelitian ini adalah bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Subjek penelitian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika yang diambil dari program studi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa mahasiswa calon guru yang dikelompokkan berdasarkan jalur masuk. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah. Selanjutnya, untuk menggali jawaban dan model mental mahasiswa dilakukan dengan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model mental mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar berdasarkan jalur masuk perguruan tinggi adalah sebagai berikut: 1) Model mental mahasiswa calon guru matematika pertama jalur masuk SPAN-PTKIN dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional dan model mental fungsional, sedangkan secara struktur pengambilan keputusan silogisme yang terjadi tidak valid. Kemudian model mental mahasiswa calon guru matematika kedua jalur masuk SPAN-PTKIN dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional, model mental fungsional, dan struktural. 2) Model mental mahasiswa calon guru matematika pertama jalur masuk UM-PTKIN dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional, model mental fungsional, dan struktural. Kemudian model mental mahasiswa calon guru matematika kedua jalur masuk UM-PTKIN dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional, model mental fungsional, dan struktural. 3) Model mental mahasiswa calon guru matematika pertama jalur masuk mandiri dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional dan model mental fungsional, sedangkan secara struktur pengambilan keputusan silogisme yang terjadi tidak valid. Kemudian model mental mahasiswa calon guru matematika kedua jalur masuk SPAN-PTKIN dalam menyelesaikan masalah pembuktian aljabar meliputi model mental implikasional dan model mental fungsional, sedangkan secara struktur pengambilan keputusan silogisme yang terjadi tidak valid

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Model Mental
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Wahyu Hengky Irawan
Date Deposited: 07 Jun 2024 11:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item