PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS

Zulaihah, Siti and Rahmaniah, Aniek (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS, Vol. 2 (1). pp. 24-33. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
2098-Article Text-4820-1-10-20230129.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa pada materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial karena penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan siswa, jika hal tersebut dibiarkan saja maka akan berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil belajarnya juga kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)perencanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Muhammadiyah 09 Weru, Paciran, Lamongan; (2) penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa; (3)faktor penghambat dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran direct instruction. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran directinstruction mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Peningkatan minat belajar siswa sudah sesuai dengan indikator dari minat belajar yaitu perasaan lebih menyukai; partisipasi aktif dalam kegiatan; memberi perhatian lebih tanpa ada yang menyuruh, begitupun dengan hasil belajar yang
dibuktikan dengan peningkatan nilai uji kompetensi. Dalam peningkatan minat dan hasil belajar juga tak luput dari faktor penghambatnya seperti keadaan ruang kelas yang kurang
strategis, serta gangguan dari teman luar kelas.

Item Type: Journal Article
Keywords: direct instruction, minat belajar, hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Aniek Rahmaniah
Date Deposited: 23 Feb 2024 21:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item