Yulanda, Nurul Izhan Pepridel, Sofia, Zakiyatus and Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 (2023) Evaluasi kebijakan merdeka belajar pada pembelajaran ummi di SDI Surya Buana. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2). pp. 4060-4071. ISSN 2477-2143
|
Text
10201-Article Text-44542-1-10-20231004.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Metode ummi merupakan metode untuk mempelajari al qur’an. Salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada anak yaitu menerapkan metode yang bisa memudahkan untuk mempelajari al qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, faktor pendukung, dan evaluasi pemblejaran al qur’an menggunakan metode ummi di SDI Suryabuana. Metode penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif jenis deskripstif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran al quran menggunakan metode ummi di SDI Suryabuana berjalan baik karena didukung oleh kompetensi yang dimiliki oleh ustadz-ustadzah yang telah tersertifikasi ummi foundation yang terlihat dari anak-anak dari kelas rendah sudah bisa melafadzkan makhorijul huruf dengan benar. Adapun faktor pendukung pembelajaran metode ummi yaitu semangat siswa dan kemampuan ustadz-ustadzah dalam mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kuragnya dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Konteks evaluasi, Proses evaluasi, Hasil evaluasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Bashith Abdul |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 14:05 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |