Internasionalisasi kurikulum berbasis capaian indikator kinerja utama Perguruan Tinggi (sertifikat hak cipta)

Susilawati, Samsul and Yasin Ahmad Fatah and Supriyatno, Triyo and Haniah, Zuhrotul (2024) Internasionalisasi kurikulum berbasis capaian indikator kinerja utama Perguruan Tinggi (sertifikat hak cipta). 000609904.

[img] Text
18852.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengakuan berbagai pihakkan mempengaruhi Reputasi Perguruan Tinggi baik secara nasional maupun internasional. Adanya pengakuan tersebut merupakan dampak dari kinerja jangka panjang dan pengelolaan institusi mapan yang mencakup berbagai dimensi, termasuk kinerja akademik (melalui pembelajaran atau penelitian) dan kinerja pengguna lulusan. Visi yang kuat, konsistensi, proses yang terus menerus, serta komitmen dan dukungan berbagai pihak termasuk di dalamnya kecukupan sumberdaya dan manajemennya sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan Reputasi Perguruan Tinggi secara internasional.
Internasionalisasi perguruan tinggi selaras dengan usaha pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN). Selain itu selaras dengan implementasi merdeka belajar melalui Permendikbud 03 tahun 2020. Ada 8 Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi meliputi: 1) pekerjaan layak diperoleh lulusan, 2) pengalaman di luar kampus diperoleh mahasiswa, 3) kegiatan dosen di luar kampus, 4) pengajaran di dalam kampus dilakukan praktisi, 5 ) masyarakat menggunakan hasil kerja dosen atau mendapatkan rekognisi internasional, 6) kerjasama dilakukan program studi dengan mitra kelas dunia, 7) melakukan pembelajaran kolaboratif dan partisipatif, 8) standarisasi internasional pada program studi (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, 6 C.E.).

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Internasionalisasi; kurikulum; indikator kinerja utama; perguruan tinggi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Samsul Susilawati
Date Deposited: 02 May 2024 15:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item